Perencanaan Karir Siswa Kelas Xl Di SMA 1 Negeri Palupuah Kabupaten Agam

Muhammad Emnur, Dodi Pasila Putra, Rahmawati Wae

Abstract


Perencanaan karir siswa adalah sebuah bekal bagi siswa untuk mengoptimalkan kemampuan dan potensi diri. Penelitian ini dilatar belakangi karenadi sekolah belum terlaksana proses bimbingan karir kepada siswa karena kurang tersedianya waktu untuk pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam bidang bimbingan karir. Akibatnya baik siswa maupun guru belum mengetahui bagaimana gambaran perencanaan karir siswa.

Metode penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada di lapangan.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di SMAN 1 Palupuah Kabupaten Agam sebanyak 284 siswa yang diantaranya 150 siswa perempuan dan 134 siswa laki-laki. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel dipilih berdasarkan saran dari guru bimbingan dan konseling yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPA yang berjumlah 55 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen perencanaan karir dengan mengaplikasikan instrumen RIASEC Test teori John Holland yang peneliti adopsi dari instrumen John Holland kemudian diterjemahkan dan dilakukan uji keterbacaan dengan dosen bahasa Inggiris.

Hasil pengolahan instrumen RIASEC Test terlihat di bidang realistik dipilih oleh 23 orang siswa dengan persentase 42%, bidang investigatif sebanyak 34 orang siswa dengan persentase 62%, bidang artistik sebanyak 26 orang siswa dengan persentase 47%, bidang sosial sebanyak 43 orang siswa dengan persentase 73%, bidang wirausaha/bisnis sebanyak 18 orang siswa dengan persentase 33% dan bidang konvensional sebanyak 21 orang siswa dengan persentase 38%. Bidang yang paling banyak dipilih oleh siswa adalah bidang sosial sebanyak 43 siswa dengan persentase 73%. Kesimpulan dari hasil pengolahan instrumen RIASEC test diatas yaitu sebesar 73% di bidang sosial yang di sukai oleh siswa kelas XI IPS dan XI IPA di SMA Negeri 1 Palupuah Kabupaten Agam.

Full Text:

PDF

References


A. Muri Yusuf. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. UNP Press.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.

Hartono. (2016). Bimbingan Karir. Kencana.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 33. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474

Muhammad Tahyeb Marinhu. (1992). Pengantar Bimbingan dan Konseling Karir. Bumi Aksara.

Risa Suriyanti., M. Y. & A. N. P. (2010). Hubungan Antara Locus Of Control Internal Dan Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Surakarta. 4, 1–27.

Sarlito W. Sarwono. (2019). Psikologi Remaja. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. Ghalia Indonesia.

Sukardi, D. K. (1993a). Panduan Perencanaan Karir. Usana Offset Printing.

Sukardi, D. K. (1993b). Psikologi Pemilihan Karir. Rineka Cipta.

Sukardi, D. K. (2005). Bimbingan Karir di Sekolah. Ghalia Indonesia.

Syamsu Yusuf. (2010). Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya.

WS. Winkel. (1997). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v5i1.16783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats