Perilaku Membolos dalam Pembelajaran Daring pada Masa New Normal Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMA N 12 Pekanbaru

Jenni Meilin, Elni Yakub, Arli Rusandi

Abstract


Kasus Covid-19 memberikan dampak bagi dunia pendidikan sehingga dilakukan penutupan sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI menerbitkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 pada satuan Pendidikan dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19) maka kegiatan belajar dilakukan secara daring (online) untuk mencegah penyebaran virus lebih luas lagi. Perubahan pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran dari rumah membuat siswa kesulitan dalam belajar, sehingga menyebabkan perilaku membolos pada siswa masih saja terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  perilaku membolos yang dilakukan siswa di SMAN 12 Pekanbaru selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan sampel sebanyak 122 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku membolos yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dianalisis dengan teknik persentase. Hasil analisis yang diperoleh perilaku membolos siswa berada pada kategori sangat tinggi pada perilaku masuk kelas online berganti hari. Selanjutnya  perilaku membolos pada kelas X dan kelas XI yaitu tidak mengikuti pembelajaran daring dan pada kelas XII masuk kelas online berganti hari. Sedangkan perilaku membolos paling tinggi terjadi pada siswa perempuan

Full Text:

PDF

References


Amalia, Ressa Ulimaz, Bekti Isnaeni, and Yahya Hanafi. 2020. “Analisis Kendala Peserta Didik Dalam Pembelajaran Online Materi Biologi Di Smp Negeri 3 Bantul.” Bio Education 5(2):10–15.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 7(4):281–88.

Fakih, Mansour. 2006. Analisis Gender Dan Tranformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gilligan, Carol. 1982. In a Different Voice. Massachusetts: Harvard University Press.

Kemendikbud. 2020. “Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan.”

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2020. “Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).” Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O.

Lia, Erika. 2020. “Kesiangan Hingga Tak Peduli, Alasan Siswa Bolos Belajar Online.” Ayobandung.Com. Retrieved April 17, 2021 (https://www.ayobandung.com/regional/pr-79685328/kesiangan-hingga-tak-peduli-alasan-siswa-bolos-belajar-online).

Mustaqim dan Abdul Wahib. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir, Mimi Yuliani. 2021. “Kasus Harian Riau Nomor 2 Di Indonesia.” Riaupos.Jawapos.Com. Retrieved November 3, 2021 (https://riaupos.jawapos.com/riau/05/05/2021/250140/kasus-harian-riau-nomor-2-di-indonesia.html).

Oluremi, Fareo Dorcas. 2013. “Truancy and Academic Performance of Secondary School Students in Southwestern Nigeria: Implications for Counselling.” International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education 3(2).

Prasetyaningtyas, Susi. 2021. “Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 Di SMP N 1 Semin.” Jurnal Karya Ilmiah Guru 5(1):86–94.

Prasetyo, Anggoro Hadhi, Rini Lestari, Fakultas Psikologi, and Universitas Muhammadiyah. 2017. “Subjective Well-Being Pada Siswa Smp Yang.” Publikasi Ilmiah Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi.

Prayitno, Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarno, Achmad. 2020. “Nasib Siswa Di Kota Bogor, 5 Bulan Bolos Belajar Daring Karena Tak Miliki HP.” M.Liputan6.Com. Retrieved April 17, 2021 (https://m.liputan6.com/news/read/4338025/nasib-siswa-di-kota-bogor-5-bulan-bolos-belajar-daring-karena-tak-miliki-hp).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Therakhi, Frimania. 2020. “Indentifikasi Perilaku Membolos Siswa Di SMA Negeri 19 Palembang.” Universitas Sriwijaya, Palembang.

Utami, Yuliza Putri, and Derius Alan Dheri Cahyono. 2020. “Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1(1):20–26. doi: 10.33365/ji-mr.v1i1.252.

Vebrianty, Simon. 2013. “Hubungan Antara Tugas Sekolah Dengan Perilaku Membolos Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo.” Universitas Negeri Gorontalo




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v5i1.16597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats