Kepuasan Siswa terhadap Layanan Bimbingan Konseling di SMA Kota Batam
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kepuasan siswa terhadap layanan bimbingan konseling di SMA Kota Batam. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2019 sampai Agustus 2019 di SMA Kota Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meotde deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan siswa di kota Batam terhadap layanan bimbingan konseling. Dengan sampel penelitian adalah siswa-siswi SMA Kota Batam (SMA Negeri 5, 8, 12, 16, 17, Bina Nusantara, dan Kartini) yang berjumlah 633 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan kuesioner terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai layanan bidang akademik sebesar 11,84% (sangat tidak puas), layanan bidang pribadi sosial sebesar 9,7% (sangat tidak puas) dan layanan bidang bimbingan karir sebesar 13,64% (sangat tidak puas). Berdasarkan hasil keseluruhan tingkat kepuasan siswa terhadap layanan bimbingan konseling sebesar 11,72% dan berada pada kategori sangat tidak puas sehingga perlu untuk diperbaiki agar lebih efektif dan efisien.
Kata kunsi: kepuasan siswa, layanan bimbingan konseling, sekolah menengah atas
Full Text:
PDFReferences
Amalia, R. F., Badrujaman, A., & Tjalla, A. (2016). KEPUASAN SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL (Survei pada siswa kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Matraman, Jakarta Timur). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 87. https://doi.org/10.21009/insight.051.13
Hakim, A. L. (2014). Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Konseling Di SML Al-Hidayah Lestari Lebak Bulus. Journal of Chemical Information and Modeling.
Hartanto, D. W. (2016). Kualitas Layanan Bimbingan Karier Di Smk Negeri Se-Kota Semarang.
Putra, F. (2017). Ketercapaian Tugas-Tugas Perkembangan Siswa SMA Dan Siswa Pondok Pesantren . Jurnal Counseling Care, 1(1), 27–34.
Susilowati, A. (2014). Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Smkn 1 Badegan Ponorogo. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 11(1), 145–161. https://doi.org/10.14421/hisbah.2014.111-08
Warisma, N. (2018). Profil Kepuasan Siswa Tentang Kualitas Kinerja Konselor Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Di SMK Pemuda Papar.
Susilowati, Any. (2014). Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling Di SMK Negeri 1 Badegan Ponorogo. Jurnal Hisbah Vol. 11(1) hal.145-162.
Nurhamidah. (2016). Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Orientasi Melalui Kegiatan Orientasi Individual Di Kelas X IPS SMA N 13 Padang. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Negeri Padang.
Prayitno dan Erman Amti. (2015). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Penerbit: Rineka Cipta. Jakarta.
Marjanti, Sri. (2015). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa X IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 1(2). Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Maria Kudus.
Siregar, Syofian. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v4i1.12343
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Educational Guidance and Counseling Development Journal
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.