PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN TARI KREASI LINTAS BUDAYA DALAM MENGENAL BUDAYA
Abstract
Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui pendampingan pembelajaran lintas budaya melalui aktivitas seni mengajar tari kreasi sebagai pengenalan budaya untuk siswa sekolah rendah seri budiman UPSI yang berada di negara Malasyia. Tujuan utama pendampingan pembelajaran lintas budaya dalam memperkenalkan secara spesifik seni budaya Indonesia seperti seni tari kreasi dengan judul rasa sayange yang berasal dari provinsi Maluku dan tari kreasi khas provinsi Banten.. melihat fenomena di lapangan bahwa di sekolah tersebut masih terbatas dalam mempraktikan praktek langsung kegiatan pembelajaran secara langsung terkait belajar seni kreasi. pengabdian masyarakat internasional. kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan tiga tahapan Adapun hasil kegiatan pendampingan lintas budaya melalui aktivitas seni tari kreasi sangat memberikan dampak yang cukup positif dan sangat antusias terkait dalam mempraktekan tari kreasi yang berasal dari Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Airlanda, G. S., & Bendesa, K. G. (2022). Kolaborasi Pembelajaran Tematik Kontekstual Melalui Kesenian Tari Bali. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02(03), 398–413.
Akriningsih, T. dan J. A. S. (2013). Pentingnya Pemahaman Lintas Budaya Dalam Pariwisata. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Chairunnisa, L., & Alifia Rahman, N. (2024). Pelatihan Gerakan Tari Kreasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa Kelas V SDN 28 Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 6(1), 43–47.
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v6i1.329
Kusumastuti, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 7–16.
https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.858
Reisinger, Y. (2009). (2009). International tourism: Cultures and behavior. Butterworth-Heinemann. Heinemann.
Sania, S. S., & Kasmahidayat, Y. (2023). Pembelajaran Seni Tari Dalam Penerepan Kurikulum Merdeka Di Sman 1 Kota Sukabumi. Ringkang: Jurnal Seni Tari Dan Pendidikan Seni Tari, 3(1), 68–78.
Syafii. (2004). Konsep dalam model pembelajaran seni. UNES.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v4i2.38825
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By:
Terindeks:






