MENGGAGAS PROFESIONALISME GURU SMK: LANGKAH STRATEGIS MENUJU PUBLIKASI ILMIAH NASIONAL

Erdawati Nurdin, Hasanuddin Hasanuddin, Irma Fitri, Depi Fitraini

Abstract


Pengembangan profesionalisme guru merupakan salah satu elemen kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu cara yang efektif untuk mendukung pengembangan tersebut adalah melalui publikasi ilmiah. Meskipun demikian, masih banyak guru, khususnya di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang mengalami kesulitan dalam menyusun dan mempublikasikan artikel ilmiah. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMK di Kabupaten Indragiri Hulu melalui pelatihan penyusunan dan publikasi artikel ilmiah. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam dua hari, dengan melibatkan 50 guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Materi yang disampaikan meliputi pengenalan artikel ilmiah, struktur penulisan artikel, penggunaan perangkat digital seperti Mendeley untuk manajemen referensi, dan proses publikasi menggunakan Open Journal System (OJS). Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan, dengan 80% peserta memahami dengan baik konsep dan struktur artikel ilmiah. Meskipun demikian, hanya 36% peserta yang berhasil menyelesaikan draf artikel mereka selama pelatihan, disebabkan oleh keterbatasan waktu, akses fasilitas, dan ketersediaan penelitian yang dapat dijadikan dasar artikel. Proses penggunaan OJS dan Mendeley juga masih membutuhkan pendampingan lebih lanjut bagi sebagian peserta. Program ini tidak hanya berhasil meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah, tetapi juga menunjukkan potensi besar untuk membangun budaya literasi ilmiah di kalangan guru SMK. Pendampingan berkelanjutan dan penguatan komunitas MGMP sangat diperlukan untuk memastikan keberlanjutan dan dampak jangka panjang dari pelatihan ini. Pelatihan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pengajaran dan profesionalisme guru SMK, serta membuka peluang bagi mereka untuk berpartisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan melalui publikasi ilmiah.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., & Rahman, S. A. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Keagaman Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kememnterian Agama RI.

Andriyana. (2023). Persiapan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru MA Kabupaten Kuningan. PENMASKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Kuningan, 1(1), 22–28.

Benardi, A. I., Hariyanto, H., & Putro, S. (2019). Pelatihan Penulisan Publikasi Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional Bagi Guru Di Mgmp Geografi Sma Kota Semarang. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(1), 50–54. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28684

Dewi, P. K., Rizal, M. S., Ardhian, D., Hardinata, V., & Lestari, Y. D. (2017). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru Smp. Jurnal ABDI, 2(2), 7. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p7-17

Missa, H., Djalo, A., Ndukang, S., Baunsele, A. B., Bernadeta, V. U., & Erna, N. (2024). Pengembangan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah untuk Guru-Guru di Kabupaten Flores Timur , Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 6(1), 1278–1285. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i1.4418

Nahdi, D. S., Jatisunda, M. G., & Cahyaningsih, U. (2020). Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.31949/jb.v1i1.108

Septikasari, R., Pravitasari, D., Kholidin, N., Pertiwi, R. P., Enggar, S., Dewi, K., & Dewi, T. R. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Submit Jurnal Melalui Open Journal System ( OJS ) pada Mahasiswa PGMI UNUHA. Jurnal Indonesia Mengabdi, 5(2), 97–102.

Sholikhah, N., Soejoto, A., Ghofur, M. A., Dewi, R. M., & Fitrayati, D. (2021). Upaya Peningkatan Keterampilan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Melalui Pelatihan bagi Guru MGMP Ekonomi SMA se-Gerbangkertosusilo. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 382–387. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.3394

Udil, P. A. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas untuk Publikasi pada Jurnal Ilmiah. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v2i1.257

Wijaya, W. M. (2023). Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru sebagai Upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 95–104. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.64590




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v3i2.34127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: CSJEEPE@gmail.com
 
 
 

 Terindeks:

 
 
View My Stats