PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN TERHADAP PEMBELAJARAN AKUNTANSI
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasikan kurikulum IFRS (International Financial Accounting Standard) kepada guru di SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Negeri Kuantan Singingi guna meningkatkan pengetahuan akuntansi berdasarkan Standar Akutansi Keuangan berbasis (International Financial Accounting Standard agar kualitas pengajaran guru akuntansi di SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN dapat meningkat. Pengetahuan tentang IFRS (International Financial Accounting Standard) diharapkan dapat diberikan kepada para siswa agar para siswa dapat lebih siap dalam berkompetisi pada industri saat ini. Penerapan IFRS (International Financial Accounting Standard) di Indonesia sudah mulai diterapkan sejak tahun 2012, namun tidak sedikit guru SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN yang mengerti dan menerapkan kurikulum ini pada pelajaran sekolah sehingga terjadi ketidak kecocokan antara dunia pendidikan dengan dunia industri. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Pendekatan Service Learning dimana melakukan pengabdian dan penguatan kepada guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan yang tergabung pada MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Akuntansi Kuantan singing dengan kemitraan antara Dinas Pendidikan dengan Universitas. Hasil dari pengabdian ini adalah dapat meningkatkan penguatan dan pengetahuan para guru dalam pembelajaran akuntansi terutama penerapan standard Akuntansi Keuangan IFRS (International Financial Accounting Standard) dengan materi yang di ajarkan adalah Akuntansi Nilai Wajar ( Fair Value) pada Aset Tetap
Full Text:
PDFReferences
Areni, S., Muslimin, Z., Palantei, E., Prayogi,
A., & Bustamin, A. (2019). Pengenalan
Pembelajaran Interaktif Berbasis Game di
SDN 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkep.
Jurnal Panrita Abdi, 3(2), 177–183.
Belkaoui, A. (2016). Teori Akuntansi. Jakarta:
Salemba Empat
Dwitayanti, Y., Putra, D., & Darmajaya, J. B.
(2015). Dampak Konvergensi International
Financial Accounting Standards (IFRS)
Terhadap Pembelajaran Akuntansi Pada
Perguruan Tinggi Swasta Se-Kota Bandar
Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 1(02), 69–
Hermawan, S. & Zunaida, E.N. (2013).
Analisis Kesiapan dan Pelaksanaan
Perkuliahan Akuntansi Berbasis Konvergensi
International Financial Accounting Standarts
(IFRS). Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(4),
–7952
Rosnidah, I., Juwenah, J., Astuti, A. D., &
Kayati, K. (2018). Program Sosialisasi
Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK
Berbasis IFRS di SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN Veteran Kota Cirebon.
CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat,
(1),
–17.
https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.14
Sakdiah, K., & Silalahi, C.A.P. (2018).
Pembelajaran Akuntansi di SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN
dengan
Menggunakan Standar PSAK Konvergensi
IFRS Pada Sekolah SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN-BM Jurusan Akuntansi. Jurnal
Pelita Informatika, 17(4), 343–348
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v3i1.30293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By:
Terindeks:
View My Stats