PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN TERHADAP PEMBELAJARAN AKUNTANSI

M iqbal lubis, Bukhori Bukhori, Dedy Wahyudi

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasikan kurikulum IFRS (International Financial Accounting Standard) kepada guru di SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Negeri Kuantan Singingi guna meningkatkan pengetahuan akuntansi berdasarkan Standar Akutansi Keuangan berbasis (International Financial Accounting Standard agar kualitas pengajaran guru akuntansi di SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN dapat meningkat. Pengetahuan tentang IFRS (International Financial Accounting Standard) diharapkan dapat diberikan kepada para siswa agar para siswa dapat lebih siap dalam berkompetisi pada industri saat ini. Penerapan  IFRS (International Financial Accounting Standard) di Indonesia sudah mulai diterapkan sejak tahun 2012, namun tidak sedikit guru SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN yang mengerti dan menerapkan kurikulum ini pada pelajaran sekolah sehingga terjadi ketidak kecocokan antara dunia pendidikan dengan dunia industri. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Pendekatan Service Learning dimana melakukan pengabdian dan penguatan kepada guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan yang tergabung pada MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Akuntansi Kuantan singing dengan kemitraan antara Dinas Pendidikan dengan Universitas. Hasil dari pengabdian ini adalah dapat meningkatkan penguatan dan pengetahuan para guru dalam pembelajaran akuntansi terutama penerapan standard Akuntansi Keuangan IFRS (International Financial Accounting Standard) dengan materi yang di ajarkan adalah Akuntansi Nilai Wajar ( Fair Value) pada Aset Tetap


Full Text:

PDF

References


Areni, S., Muslimin, Z., Palantei, E., Prayogi,

A., & Bustamin, A. (2019). Pengenalan

Pembelajaran Interaktif Berbasis Game di

SDN 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkep.

Jurnal Panrita Abdi, 3(2), 177–183.

Belkaoui, A. (2016). Teori Akuntansi. Jakarta:

Salemba Empat

Dwitayanti, Y., Putra, D., & Darmajaya, J. B.

(2015). Dampak Konvergensi International

Financial Accounting Standards (IFRS)

Terhadap Pembelajaran Akuntansi Pada

Perguruan Tinggi Swasta Se-Kota Bandar

Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 1(02), 69–

Hermawan, S. & Zunaida, E.N. (2013).

Analisis Kesiapan dan Pelaksanaan

Perkuliahan Akuntansi Berbasis Konvergensi

International Financial Accounting Standarts

(IFRS). Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(4),

–7952

Rosnidah, I., Juwenah, J., Astuti, A. D., &

Kayati, K. (2018). Program Sosialisasi

Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK

Berbasis IFRS di SEKOLAH MENENGAH

KEJURUAN Veteran Kota Cirebon.

CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat,

(1),

–17.

https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.14

Sakdiah, K., & Silalahi, C.A.P. (2018).

Pembelajaran Akuntansi di SEKOLAH

MENENGAH KEJURUAN

dengan

Menggunakan Standar PSAK Konvergensi

IFRS Pada Sekolah SEKOLAH MENENGAH

KEJURUAN-BM Jurusan Akuntansi. Jurnal

Pelita Informatika, 17(4), 343–348




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v3i1.30293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: CSJEEPE@gmail.com
 
 
 

 Terindeks:

 
 
View My Stats