PENGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK GURU DAN SISWA TELUK KENIDAI

Ramon Muhandaz, Arnida Sari, Rena Revita, Mayu Syahwela

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru dan siswa agar bersemangat dalam belajar matematika dengan mendatangkan media sebagai inovasi baru dalam belajar matematika. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SDN 018 Teluk Kenidai. Sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah guru dan siswa SDN 018 Teluk Kenidai sebanyak 47 guru dan siswa siswa yang terdiri dari 10 orang guru dan 37 siswa. Instrumen yang digunakan pada pengabdian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil observasi kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Guru dan siswa sangat senang dalam belajar menggunakan media yang disampaikan serta guru dan siswa antusias dan merespon positif kegiatan pelatihan media pembelajaran matematika ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran matematika membuat siswa menjadi aktif dalam belajar dan paham dalam materi matematika dasar berupa operasi hitung.

Full Text:

PDF

References


Alghozi, A. A., Salsabila, U. H., Sari, S. R., Astuti, R. T., & Sulistyowati, H. (2021). Penggunaan Platform Padlet sebagai Media Pembelajaran Daring pada Perkuliahan Teknologi Pendidikan Islam di Masa Pandemi Covid-19. ANWARUL, 1(1), 137–152. doi: 10.58578/anwarul.v1i1.52

Dewantara, A. H., B, A., & Harnida, H. (2021). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Al-Gurfah: Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.

Faot, I. Y. (2021). Kreativitas Guru dalam Menciptakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Tobu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 330–338. doi: 10.33578/jpfkip.v10i2.8223

Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Kadir, A., Shabir, A., & Ramadhani, A. (2023). Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 30 Mico Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Global Journal Basic Education, 2(2), 133–142. doi: 10.35458/gjp.v2i2.762

Lestari, J. I., & Hasratuddin. (2023). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Permainan Jual Beli Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III SDN 112319 Bulu Sari. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(01), 133–138.

Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745–1756. doi: 10.24127/ajpm.v10i3.3912

Merliza, P. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 21–30. doi: 10.24014/sjme.v7i1.12537

Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152–160. doi: 10.33369/jpmr.v5i2.11450

Murni, D., Mudjiran, M., & Mirna, M. (2023). Analisis Terhadap Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1118–1128. doi: 10.31004/cendekia.v7i2.2066

Nasaruddin, N. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. doi: 10.24256/jpmipa.v3i2.232

Nuralan, S. (2022). Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SD Negeri 2 Bambapun. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), 1401–1408.

Nurfadhillah, S., Nurfalah, K., Amanda, M., Kauniyah, N., & Anggraeni, R. W. (2021). Penerapan Media Visual Untuk Siswa Kelas V di SDN Muncul 1. EDISI, 3(2), 225–242.

Permatasari, K. T., Apriyani, E., & Fitriyana, Z. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Alat Peraga Jam Sudut. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(2), 83–88. doi: 10.21831/jpms.v9i2.25823

Santoso, R. B., Azmy, B., & Yustitia, V. (2022). Padlet Application-Based Media on Many Facets Building Materials: : Learning Media Innovation for Elementary Schools. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 123–134. doi: 10.30738/union.v10i2.12224

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. (College). doi: 10.15294/kreano.v8i1.5964

Widiyahti, U. N., Suprapto, E., & Adamura, F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berkarakter melalui Permainan Edukatif Matcindo Sebagai Learning Exercise bagi Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 59–70. doi: 10.25273/jipm.v4i1.839

Yopa, Y., Juwita, I., Zananti, S., & Putra, Y. Y. (2022). Pengembangan Permainan Sembilun Sebagai Media Pembelajaran Literasi Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 132–143. doi: 10.24127/ajpm.v11i1.4355




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/csjee.v3i1.29653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: CSJEEPE@gmail.com
 
 
 

 Terindeks:

 
 
View My Stats