Inovasi Pembelajaran PAI: Mengintegrasikan Living Values Education (LVE) untuk Membentuk Karakter Siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, F. S., & Masruroh, L. (2020). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Pada Masa Pandemi di TK Al-Hidayah Lumajang. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 43-60.
Fahrurrozi, M. (2020). Pengembangan Pendidikan Karakter di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Ittihadil Ummah Karang Anyar Kota Mataram. TARLIM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 3(2), 89-100.
Faizin, M., & Erfansyah, N. F. (2019). Implementasi LVEP (Living Value Education Program) di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Mojopuro Gede Bungah Gresik. Journal of Islamic Elementary School, 4(1), 129-143.
Handayani, T. (2011). Membangun komunikasi efektif untuk meningkatkan kualitas dalam proses belajar mengajar. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(02), 273-302.
Hidayatullah, T. (2019). Living Values Education: Alternatif Pendekatan Pendidikan Karakter dalam Pencegahan Ekstremisme. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 4(2), 87-126.
Jauhari, D. R. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Group Exercises untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Santri. QUANTA, 2(1), 4-20.
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 157-182.
Khalimah, S. (2015). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Musik Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Religia, 3(1), 197-215.
Marzuki, A. (2017). Model-Model Pembelajaran PAI Inovatif dan Kontekstual. Al-GHAZWAH, 1(1), 103-116.
Megawanti, P. (2015). Meretas permasalahan pendidikan di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).
Mudawinun, K. (2018, April). Integrasi Nilai-Nilai Moderasi pada Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Living Values Education (LVE). In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Series 2, pp. 721-730).
Mumtahanah, L. (2020). Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 55-74.
Munip, A. (2012). Menangkal radikalisme agama di sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 159-181.
Nasoetion, A. H., Saefuddin, A., Koesmaryono, Y., Pawitan, H., Mandang, T., Suhardiyanto, H., ... & Hambali, E. (2021). Bersahabat dengan Alam Membangun Teknologi Tinggi Siap Guna. PT Penerbit IPB Press.
Nasution, M. H. (2018). Spritualitas dalam Pendidikan Islam. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 2(2).
Nufus, H. (2019). Pembinaan Karakter Mahasiswa Berbasis Living Values Education. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 148-163.
Nurjunaedah, N. (2014). Pendidikan Berbasis Nilai (Analisis Teori Dan Implementasi). Jurnal Tarbiyah, 21(2).
Octavia, E., & Rube’i, M. A. (2017). Penguatan pendidikan karakter berbasis pancasila untuk membentuk mahasiswa prodi ppkn menjadi warga negara yang baik dan cerdas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 111-124.
Patra, J. I. K. (2018). Korupsi, pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan di Indonesia. Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 3(1), 71-79.
Pransiska, T. (2018). Pendidikan Islam Transformatif Syeikh Nawawi Al-Bantani: Upaya Mewujudkan Generasi Religius-Saintifik. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 18(2), 172-188.
Rifa’ah, U. (2016). Implementasi pembiasaan berakhlak dalam pembentukan karakter pada siswa kelas 2 di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang tahun ajaran 2015-2016 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Saputra, A. (2014). Aplikasi Metode Contextual Teaching Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PAI. Al-Ta’dib, VI (1), 15-46.
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M. M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsepgeometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B Sma Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discoverylearning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, 6(1), 90-90.
Suardipa, I. P. (2019). Perspektif Living Values Education (LVE) Dalam Kajian Filsafat Pendidikan Indonesia Berbasis 3n (Nalar, Nurani, Dan Naluri). Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 2(1), 91-99.
Syarif, H. (2020). Implementasi Full Day School dalam Pembinaan Perilaku Keagamaan Siswa MAN Insan Cendekia Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan (Doctoral dissertation, UIN REDEN FATAH PALEMBANG).
Tambak, S. (2016). Metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 1-26.
Umam, M. K. (2019). Penggunaan metode Jaritmatika dalam meningkatkan motivasi belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68.
Widiyantoro, A. (2016). Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Berbicara Siswa. Diksi, 24(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v4i4.35121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.