Penerapan Strategi Directed Listening Thinking Activity (DLTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas III di SDN 018 Penyasawan

Faisal Ahmad, Revi Dahlianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak peserta didik melalui strategi directed listening thinking activity di kelas III Sekolah Dasar Negeri 018 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pendidik dan 25 peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 018 Penyasawan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi directed listening thinking activity  dapat meningkatkan keterampilan menyika peserta didik sebelum tindakan hanya mencapai 53% dengan kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 63,5% dengan kategori cukup baik dan meningkat pada siklus II menjadi 74% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa penerapan strategi directed listening thinking activity dapat meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik pada tema menyayangi hewan dan tumbuhan di kelas III Sekolah Dasar Negeri 018 Penyasawan Kabupaten Kampar.

Full Text:

PDF

References


Ainin, M dkk. (2006). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: MISYKAT.

Al-Khayyat & Jameel, S. (2015). The Impact of Directed Listening Thinking Activity (DLTA) on Developing University Students Listening Competencies. International Journal of English and Education, (4.4).

Arikunto, Suharsimi. (2007). Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta,

Barone, Diane M. (2005). Teaching Early Literacy : Development, Assessment, and Instruction. New York: The Guilford Press.

Brown, Gillian. (1990) Listening to Spoken English (2nd Ed). London: Pearson Education,

Bungin, Burhan. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Cox, Carolle. (1998). Teaching Language Arts:A Student_and Response-Centered. Boston: Allyn and Bacon

Depdikbud. Menyimak Dan Pengajarannya. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas, (2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi 4). Jakarta : Depdiknas.

Djako, Tarigan Dkk. (2006). Materi Pokok Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jakarta: Universitas terbuka.

Dona Safitri, S.Pd, (Penyasawan: SDN 018, 1 Juli 2021).

Ermawati, Ely. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Tema Globalisasi Kelas VI SDN 021 Tagaraja Kecamtan Keteman Kabupaten Inhil.

Farris, Pamela J. (1993) . Language Arts:A Procesc Approach. Lowa: Brown dan Bencmark Publishers.

Hayati, Mardiah. Sakilah. (2016). Pembelajaran Tematik. Pekanbaru: Cahaya Firdaus Team.

Hijriyah, Umi. (2016). Menyimak Strategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa. Lampung: Pusat Penelitian IAIN Raden Intan Lampung,

Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing,

Paizaluddin, Ermalind. (2012). Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Alfabeta.

Pendidikan Bahasa Indonesia (1990). Jakarta: Universitas Terbuka.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (2006). Jakarta: Rineka Cipta.

Rahayu, S.F, Sukarno & Sularmi. (2018). IMPROVEMENT OF LISTENING SKILL THROUGH DIRECTED LISTENING THINKING ACTIVITY (DLTA) LEARNING STRATEGY. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series.

Sudijono, Anas. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Wali Pers.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Bandung: Alfabeta,

Suryani, Eli. (2012) Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Anak Dengan Metode Simak Ulang Ucap Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SIswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Rumbio Kecematan Kampar Kabupaten Kampar.

Sutari, Dkk. (1997). Menyimak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,

Tarigan, Djago. (1994). Menyimak Sebagai Suatu Pengantar Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hamzah B.uno. (2009). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara,

Wibowo, A. (2016). Penerapan Strategi Directed Listening Thinking Approach (DLTA) Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Pada Siswa Sekolah Dasar, Ilmiah Guru, 01.

Yulia Erna, Penggunaan Strategi Menyimak Directed Listening Thinking Activity Deangan Media Auido Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v4i2.32932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.