Integrasi Kecerdasan Qauliyah, Kauniyah, dan Insaniyah: Menjelajahi Dimensi Makrokosmos, Mikrokosmos, dan Metakosmos
Abstract
Artikel ini mengkaji integrasi kecerdasan Qauliyah, Kauniyah, dan Insaniyah sebagai pendekatan holistik dalam memahami tiga dimensi utama kehidupan: Makrokosmos, Mikrokosmos, dan Metakosmos. Kecerdasan Qauliyah, yang bersumber dari wahyu dan pengetahuan ilahiyah, digabungkan dengan kecerdasan Kauniyah, yang diperoleh melalui observasi dan pemahaman terhadap alam semesta (Makrokosmos), serta kecerdasan Insaniyah, yang terkait dengan introspeksi dan pengembangan potensi manusia (Mikrokosmos). Artikel ini mengeksplorasi bagaimana ketiga kecerdasan ini saling melengkapi untuk mencapai kesadaran yang lebih tinggi dalam memahami keterkaitan antara manusia, alam semesta, dan realitas transenden (Metakosmos). Dengan menggunakan metode analisis literatur dan pendekatan filosofis, artikel ini menyajikan sebuah perspektif yang menyoroti pentingnya integrasi kecerdasan tersebut dalam membangun harmoni dan keseimbangan dalam kehidupan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan konsep pendidikan yang komprehensif dan spiritual yang mampu merespons tantangan zaman modern.
Full Text:
PDFReferences
Alfurqan, and Harmonedi. "Pandangan Islam Terhadap Manusia: Terminologi Manusia dan Konsep Fitrah serta Implikasinya dengan Pendidikan." Jurnal Educative: Journal of Educational Studies 2.2 (2017): 129-144.
Amril, M. "Epistemologi Integratif-Interkonektif Agama dan Sains." Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (2016).
Aqib, Kharisudin. "Fungsi Kekhalifahan Manusia." Jurnal Tribakti 19.2 (2008).
Basyit, Abdul. "Memahami Fitrah Manusia Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam." Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 13.1 (2017).
Burga, Muhammad Alqadri. "Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik." Al-Musannif 1.1 (2019): 19-31.
Hady, Syamsul. "Pandangan Dunia Spiritual Islam dan Persan Sentral Manusia dalam Kosmos." Annual Conference Departemen Agama. Lembang, Subang: Departemen Agama. 2006.
Hamid, Ilham. "ESQ dan Kebutuhan Spiritualitas Civitas Akademik." AL MUNIR: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam (2014): 132-151.
Haris, Munawir. "Spiritualitas Islam dalam trilogi kosmos." Ulumuna 17.2 (2013): 323-346.
Iswanto, Eko. "Membangun Spiritualitas Kosmis: Belajar dari Spiritualitas Kosmis Masyarakat Jawa Bersama Raimon Panikkar dan Pierre Teilhard De Chardin." Jurnal Marturia 2.2 (2020): 145-178.
Kesuma, Guntur Cahaya. "Konsep Fitrah Manusia Perspektif Pendidikan Islam." Ijtimaiyya 6.2 (2013): 79-96.
Krishna, Ida Bagus Wika, and Krisna S. Yogiswari. "Relevansi Konsep Penciptaan Alam Semesta Lontar Bhuwana Sangksepa dan Pemahaman Kosmos Masyarakat Bali." Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja 5.2 (2022): 173-182.
Mannan, Audah. "Transformasi Nilai-Nilai Tauhid dalam Perkembangan Sains dan Teknologi." Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah 4.2 (2018): 252-268.
Muniroh, Musfiatul. "Fitrah Based Education: Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Fitrah di TK Adzkia Banjarnegara." MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4.2 (2019): 241-262.
Mustofa, Imron. "Ulama’dan Kontestasi Pengetahuan dalam Sudut Pandang al Qur’ān’." Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 5.1 (2017): 68-93.
Nurcholis, Moch, and Fathoni Fathoni. "TASHRIFAN JOMBANG: Telaah Epistemologi Kitab Al-Amtsilah Al-Tashrifiyah Karya Kyai Ma’shum Bin Ali." Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 6.1 (2022): 1-18.
Nursalim, Eko, and Iskandar Iskandar. "Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Hadist." MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis 1.1 (2021): 31-40.
Pransiska, Toni. "Konsepsi Fitrah Manusia Dalam Perspektif Islam Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam Kontemporer." Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 17.1 (2016): 1-17.
Sahari, Sahari. "Implementasi Al-Masyaqqoh Al-Tajlibu Al-Taisyiir di Tengah Pandemi Covid-19." Aqlam: Journal of Islam and Plurality 5.2 (2020).
Salma, and Beni Firdaus. "Analisis Kualitatif Konsep Seksualitas dalam Al-Qur’an dan Hadis." Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies 12.1 (2016): 43-66.
Samsulbassar, Agus, Andewi Suhartini, and Nurwadjah Ahmad EQ. "Implikasi Konsep Fitrah dalam Islam dan Tujuan Pendidikan Nasional." Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 5.1 (2020): 49-56.
Saryono. "Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam." Medina-Te: Jurnal Studi Islam 12.2 (2016): 161-174.
Shihab, Moh Quraish. Atas nama agama: wacana agama dalam dialog" bebas" konflik. Pustaka Hidayah, 1998, 278.
Suhendri. "Dimensi-dimensi Manusia menurut Alquran." SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan 3.2 (2018): 14-26.
Sukman. "Kosmologi dan Urgensi Spiritualitas." Akademika: Jurnal Pemikiran Islam 19.2 (2014): 322-343.
Syafieh. "Tuhan dalam Perspektif Al-Qur'an." Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur'an dan Tafsir 1.1 (2016): 143-172.
Wahyudi, Tian. "Peran pendidikan islam dalam membangun world view muslim di tengah arus globalisasi." Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 15.2 (2017): 319-340.
Wathoni, Lalu Muhammad Nurul. Tuan Guru Haji Lalu Anas Hasyri: Kharisma dan Kontribusinya Mengembangkan Nadhlatul Wathan. Institute Bale Institute, 2021.
Yaqin, Ainul. "Korespondensi Manusia dan Kosmos dalam Kosmologi Sufisme Ibnu'arabi dan Achmad Asrori Al-Ishaqi." Living Islam: Journal of Islamic Discourses 4.1 (2021): 1-22.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v4i2.32484
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.