Telaah Surah Al-Baqarah: Nilai-nilai Pendidikan dalam Amtsal Al-Qur’an

Tamrin Tamrin

Abstract


Artikel ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam ayat-ayat peribahasa yang terkadang Allah berikan perumpamaan tersebut kepada golongan tertentu, dan dengan perumpamaan yang menarik perhatian pembaca bahkan dapat menyentuh hati para pembaca untuk tergerak untuk membacanya. renungkan pikiran Terbuka mereka dan bandingkan diri Anda dengan kelompok orang lain, yang dibandingkan dengan Allah dalam ayat ini. Subyek penelitian ini adalah ayat-ayat Al-Qur'an yang termuat dalam surah Al-Qur'an al-Baqarah. Ayat-ayat tersebut adalah Surat al-Baqarah ayat 1719, ayat 146, ayat 171 dan ayat 265. Setelah menganalisis ayat-ayat tersebut melalui penjelasan para mufassir, ada beberapa nilai pedagogis yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat amtsal dalam penelitian  ini. Nilai-nilai tersebut harus tertanam dalam diri umat Islam agar dapat memperoleh gelar hamba yang mulia di mata Allah. Nilai-nilai tersebut adalah nilai iman dan tauhid, nilai ketaatan, nilai tawadhu (akhlak), nilai kepemimpinan, nilai motivasi dakwah, nilai kebenaran, nilai syukur, nilai nilai kebajikan, nilai optimisme, nilai etos kerja, nilai ketegasan, nilai toleransi.

Full Text:

PDF

References


Adnan, G. (2017). Hakikat Pendidikan Islami. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 43-56.

Almizan, A. (2016). Distribusi Pendapatan: Kesejahteraan Menurut Konsep Ekonomi Islam. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1(1), 63-82.

Bakar, A. (2017). Nilai-nilai Pendidikan pada Ayat-ayat Amtsal dalam Al-Quran Surah Al-baqarah. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 5(1).

Bakar, A. (2017). Nilai-nilai Pendidikan pada Ayat-ayat Amtsal dalam Al-Quran Surah Al-baqarah. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 5(1).

Batubara, S. (2018). Harta dalam Perspektif Alquran:(Studi Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi). Imara: Jurnal Riset Ekonomi Islam, 2(2).

Chaeruddin, B. (2016). Ilmu-ilmu umum dan ilmu-ilmu keislaman (suatu upaya integrasi). Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1), 209-222.

Harahap, G., Prasojo, W. B., Nasihin, A., & Setia, K. (2016). Nilai–Nilai Pendidikan Islam: Kisah Nabi Nuh AS dan Kaumnya. Fikiran Masyarakat, 4(1), 50-79.

Hasanah, S. (2014). Inovasi Materi Dakwah Dari Ibadah Ke Muamalah Bagi Ormas Islam Untuk Merealisasikan Masyarakat Inklusif Di Kota Semarang. Jurnal Dakwah, 15(2), 313-333.

Iryani, E. (2017). al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 66-83.

Kallang, A. (2018). Konteks Ibadah Menurut Al-Quran. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 4(2).

Laila, I. (2014). Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Ilmu Pengetahuan. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9(1), 45-66.

Mahfud, C. (2014). The Power of Syukur: Tafsir Kontekstual Konsep Syukur dalam al-Qur’an. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9(2), 377-400.

Mardhiah, A. (2016). Ruhiyah Pendidik Kunci Sukses Pendidikan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 6(1), 119-134.

Mardliyah, W., Sunardi, S., & Agung, L. (2018). Peran Manusia Sebagai Khalifah Allah di Muka Bumi: Perspektif Ekologis dalam Ajaran Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 355-378.

Martono, I. E., & Pramono, M. F. (2011). Harmoni Nilai Agama Dan Nilai Ilmiah: Belajar Pengalaman Dunia Islam Dan Eropa. At-Ta'dib, 6(2).

Miskahuddin, M. (2021). Pekerjaan Mulia dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Ilmiah Al-Mu'ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), 44-58.

Mistarija, M. (2020). Upaya Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan melalui Program Bimbingan Rohani Islam Pagi pada Perusahan Winda & Raffi Kota Padang. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 11(2), 161-174.

Mubarak Seff, F. (2015). Konsep I'jaz BALAGHAY Dalam Perspektif Al Qur'an (Studi Terhadap I" JAZ Balaghy Dalam Al Qur'an). Konsep I'jaz Balaghy Dalam Perspektif Al Qur'an (Studi Terhadap I'jaz Balaghy Dalam Al Qur'an), 3(II), Juli-Desember.

Oktafiani, T. (2020). Persepsi Masyarakat Muslim terhadap Pelaksanaan Adat Mompakoni di Desa Sikara Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala. AL-TAWJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 299-329.

Pratama, Y. P. (2014). Suara Akar Rumput: Kebudayaan yang Mendasari Perilaku Ekonomi. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 14(1).

Putra, A., & Rumondor, P. (2020). Sunnah, Sains Dan Peradaban Manusia; Menelaah Kembali Pemikiran Yusuf Al Qardhawi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 10(1), 1-19.

Sadig, M. (2021). Arabisme dalam Penafsiran Al-Qur'an. Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(01), 223-280.

Sadik, M. (2010). Tobat dalam Perspektif Alquran. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 7(2), 209-222.

Sagir, A. (2015). Dakwah bil-hal: Prospek dan Tantangan Da’i. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 14(27), 1-13.

Shobron, S., Hasan, M. A. K., & Kapawi, H. (2019). Metode Pendidikan Islam Dalam Tafsir Al-Mishbah Perspektif Muhammad Quraish Shihab. Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(2), 120-129.

Sumasniar, E., Azwar, A. J., & Rani, Y. F. (2020). Tauhid dalam Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi dan Implementasinya dalam Humanisme Islam. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama, 21(2), 166-178.

Suparman, H. (2017). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif al-Qur’an. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman, 1(2), 87-108.

Supriatna, D. (2018). Motivasi orang tua memilih pondok pesantren untuk anaknya. Intizar, 24(1), 1-18.

Suryadi, R. A. (2012). Motivasi Belajar Perspektif Pendidikan Islam Klasik: Studi atas Pemikiran al-Jarnuji. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1).

Susanti, M. (2016). Euthanasia Dalam Islam. Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, 1(1), 75-92.

Syam, M. B. (2015). Kebijakan Dan Prinsip Prinsip Kenegaraan Nabi Muhammad Saw Di Madinah (622-632 M)(Tinjauan Perspektif Pemikiran Politik Islam). PERENNIAL, 157-174.

Syarboini, S. (2019). KAJIAN FILOSOFI METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN. Sarwah: Journal of Islamic Civilization and Thought, 17(1), 93-118.

Syukkur, A. (2018). Peran Amtha< L Al-Quran Sebagai Instrumen Kemukjizatan Dan Penggugah Jiwa. El-Furqania: Jurnal Ushuluddin dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(01).

Taubah, M. (2015). Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109-136.

Triani, R. A. (2021). Urgensi Sikap Dermawan Menurut Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 177-186.

Usman, A. H., Shaharuddin, S. A., Salleh, N. M., Nasir, M. N., Wazir, R., & Shahabudin, M. F. R. (2020). Elemen Syukur Dalam Psikoterapi Islam: Adaptasi Terhadap Rawatan Pedofilia. Jurnal Pengajian Islam, 13(1), 86-97.

Wahid, R. A. (2017). Integrasi Ilmu Dalam Hadis. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(1), 565-584.

Wibawa, A. T. (2019). Fenomena Dakwah Di Media Sosial Youtube. Jurnal Rasi, 1(1), 1-19.

Zain, A. (2017). Al-Qur’an Kitab Induk Sumber Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 12(1).

Zulkarnain, Z. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Sarana Pembangunan Nilai Kerendahan Hati Dan Nilai Toleransi Tinjauan Al-Quran. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1(1), 61-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v4i2.32049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.