Penerapan Apel Pagi sebagai Kebijakan Sekolah di SD Negeri Kuwon

Siti Fatimatus Sholihah, Inayah Husna Da'ana, Farid Setiawan

Abstract


Suatu lembaga pendidikan perlu mempertahankan eksistensi sekolah untuk mencapai visi, misi, dan tujuan secara optimal. Kepala sekolah memiliki wewenang untuk membuat kebijakan-kebijakan untuk mencapainya. Di SD Negeri Kuwon seluruh siswanya beragama Islam dan mayoritas siswanya memiliki sikap dan moral yang baik, sopan, dan santun. Kualitatif deskriptif, menggunakan instrumen kunci berupa catatan lapangan. Informan penelitian merupakan kepala sekolah SD Negeri Kuwon Kebijakan pelaksanaan apel pagi yang dilaksanakan setiap hari selasa, rabu, kamis sebelum memasuki jam pelajaran. Adapun isi kegiatannya berupa menyanyikan lagu Indonesia Raya, nasehat adab kepada guru, orang tua, teman, dan memberikan motivasi belajar. Kemudian ditutup dengan literasi Al-Qur''an dengan membaca surat-surat pendek. Kegiatan ini dilaksanakan selama 10-15 menit. Kebijakan pendidikan sangatlah penting untuk kemajuan pendidikan. Hal ini dikarenakan dengan adanya sebuah kebijakan dalam dunia pendidikan akan menjadikan banyak wawasan dan pembelajaran inovatif serta sistematis. Maka dalam perumusan kebijakan pendidikan perlunya memperhatikan kejelasan tujuan, rencana, program, keputusan dan dampak untuk pendidikan itu sendiri.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Indonesian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Indonesian to English
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Full Text:

PDF

References


Abidah, F. S. (t.t.). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter di SMP Muhammadiyah Salam Magelang.

Elwijaya, F., Mairina, V., & Gistituati, N. (2021). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 67. https://doi.org/10.29210/3003817000

Fajri, M., Rifa’i, M., & Chaniago, N. S. (2021). Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Islami Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora.

Khatimah, N. H., & Naro, W. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2.

Miladia Nur Istighfaroh, Ferina Agustini, Muhammad Prayito, & Trinil Wigati. (2023). Penanaman Karakter Disiplin dalam Kegiatan Apel Pagi di SD Negeri Panggung Lor. Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.58518/madinah.v10i1.1485

Oktavia, L. S., Nurhidayati, N., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan Pendidikan: Kerangka, Proses dan Strategi. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 95. https://doi.org/10.29210/3003909000

Rapang, R., Yunus, M., & Apriyanti, E. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam menerapkan Peraturan-Peraturan di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3419–3423. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2596

Rozak, A. (2021). Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Alim | Journal of Islamic Education, 3(2), 197208. https://doi.org/10.51275/alim.v3i2.218

Rusdiana, Dr. H. A. (2015). Kebijakan Pendidikan dari FIlosofi ke Implementasi. CV Pustaka Setia.

Susanti, N. (2023). Upaya Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Bagi Siswa UPT SDN 025 Indrasakti Kecamatan Tapung. Journal of Education Informatic Thecnology and Science (JeITS), 5.

Susanti, S., Fakhrul Uman, A., Aida Fitriyah Ridwan, S., & Maf’ulah, S. (2023). A. Manajemen Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 574–581. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.2916

Taqwim Wanitatama, N. (2017). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Berprestasi Tentang Pendidikan Karakter Peserta Didik dan Relevansinya dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyahnitikan Yogyakarta [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogakarta.

Yuniarti, I., Khodijah, N., & Suryana, E. (t.t.). Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v4i2.31776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.