The Effect Of Using Speaker, Occasion, Audience, Purpose, Subject/Signficance (SOAPS) Strategy On Students’ Reading Comprehension Of Narrative Text At Islamic Senior High School Darul Hikmah Pekanbaru

Rifaldi Rifaldi, Khoironi Khoironi

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap kesulitan yang dihadapi siswa saat belajar bahasa Inggris, khususnya saat membaca teks narasi. Dalam hal ini, penulis ingin menyelidiki masalah ini lebih lanjut. Strategi SOAPS dapat digunakan untuk membantu siswa memahami ide-ide utama teks narasi atau untuk meningkatkan pemahaman bacaan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada dampak signifikan dari strategi SOAPS terhadap pemahaman membaca teks narasi siswa di sekolah Islam. SMA Darul Hikmah Pekanbaru. Hal ini juga berusaha untuk mengetahui pemahaman membaca siswa terhadap teks narasi yang diajarkan tanpa strategi SOAPS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen semu. Data pemahaman membaca teks narasi siswa di SMA Islam Darul Hikmah Pekanbaru dikumpulkan oleh penulis dengan menggunakan pendekatan pre-test dan post-test. Populasi penelitian berjumlah 270 siswa. Hanya dua kelas dijadikan sampel oleh penulis karena besarnya populasi: XI IPA 1 (kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa) dan XI IPA 2 (kelas kontrol yang juga berjumlah 29 siswa). Dengan demikian, sampel dari kedua kelas tersebut berjumlah 58 siswa. Dengan menggunakan SPSS 22.00, penulis menggunakan uji-t sampel independen untuk analisis data. Pada akhirnya, penulis menyimpulkan dari analisis rumus uji T bahwa pendekatan SOAPS mempunyai dampak yang signifikan terhadap pemahaman membaca teks narasi siswa di SMA Islam Darul Hikmah Pekanbaru, dimana Sig.2 Tailed = 0,000 kurang dari 0,05. Artinya Ho ditolak sedangkan Ha diterima.

Full Text:

PDF

References


Baudhin, Jason R &Michael. J. Wittig. 2009. Remembering Brown County’s Forgotten WWI Soldiers. Journal.

Catherine Snow and Chair. 2002. .Reading for Understanding. Toward a Research andDevelopment Program in Reading Comprehension. Santa Monica: Rand.

Cresswell, John W. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, (New Jersey: Pearson, 2008)

Cohen, Louis, Lawrence Manion, and Keith Morrison. 2005. Research Method in Education, Fifth edition, New York: Routledge.

Department of National Education (KTSP), 2006.

G. Douglas Brawn. 2004, Language Assessment: Principle and Classroom Practice. New York: San Fransisco State University.

Gay. L.R, and Peter Airasian. 2000. Educational research Competencies For analysis and Application. New Jersey: Prentice-Hall

Grabe, William. 2009. Reading in Second Language; Moving from Theory to Practice. USA: Cambridge University Press [Electronic Book].

Harris at al. 1982. .Educational Research: second edition. Los Angles : Newbury House.

Heaton. 1988. Writing English Language Test. New York: Longman Group UK Limited.

Hartono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasibuan, Kalayo and Fauzan Ansyari. 2007.Teaching English as a Foreign Language (TEFL). Pekanbaru: UIN SUSKA-Riau.

Idham Syahputra. 2014. Teaching the Receptive Skills: Theory and Practice. Pekanbaru: Suska Press.

Karen Tankersley. 2003 The Threads of Reading: Strategies for Literacy Development”. Alexandria: ASCD.

K.Janette, Sharon Vaughn, and Alison Boardman. 2007. Teaching Reading Comprehension to Students with Learning Difficulties. New york: The Guildfort Press.

Kustaryo, S. Reading Techniques for Collage Students. Jakarta; DepartemenPendidikandanKebudayaan. 1988

Marianne Celce-Murcia. 2001. Teaching English as a Second or Foreign Laguage (Third Edition). Boston: Heinle&Heinle –Thomson Learning.

Mikulecky, Beatrice S. 2008. Teaching Reading in a Second Language. Journal.

Morellion, Judi. 2007, Collaborative Strategies for Teaching Reading Comprehensio, Chicago: American Library Association.

Nunan, Devid. 2007. Pratical English Language Teaching;1stEdn, Singapore: Mc. Graw Hill.

Peter Westwood. What Teacher Need to Know about Reading Difficulties.

(Australia: AcerPress,2008).

Richards, Jack C. and Richards Schmidt. 2010. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied LinguisticS : Fourth edition. London: Pearson Education Limited.

S. Muhammad Syafi’i. 2013. from paragraph to a Research report: A Writing of English for academic Purposes. Pekanbaru: SUSKA PRESS

William Grabe.2009. Reading in a Second Language: Moving from the Theory to Practice. New York:Cambridge University Press.

Zaida, Nur. 2009. Mandiri PractiseYour English Competence 2 (SMA/MA).Surakarta: Erlangga.

Thahir, M. Telaa Surat Lukman Menurut Quraish Shihab: Memahami Konsep Pendidikan Karakter dalam Islam. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 22(2), 199-222.

Vebrianto, R., Hermita, N., Irawan, D., Mujtahid, I. M., & Thahir, M. (2024). Teachers' experiences in sekolah penggerak program: a retrospective case study. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(1), 79-88.

Iskandar, E., Rahmadan, A. A., Andini, C. P., & Thahir, M. (2023). Strengthening the knowledge of PAUD teachers about character education through living values education in Bengkalis Regency. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1779-1793.

Thahir, M., Hitami, M., & Zaitun, Z. (2023). Shaping Resilient Futures: The Effect of PAI-Based Anti-Drug Learning Devices in Riau Province's Junior High Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 4736-4746.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v4i1.29184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.