Pendidikan Islam berbasis Teknologi di Era Revolusi Industri 5.0
Abstract
Perkembangan teknologi dari masa ke masa akan berdampak pada semua aspek kehidupan mulai dari sosial, keamanan, politik bahkan pendidikan Islam dan moral. Hadirnya society 5.0 di dunia pendidikan membawa banyak dampak positif. Salah satunya, anak didik bebas untuk mengembangkan kemampuannya dengan teknologi. Namun, dibalik dampak positif tersebut salah satu problematika terbesar yang akan dihadapi adalah kemunduran moralitas bagi peserta didik dan lainnya. Penelitian ini menggunakan studi pustaka. Dalam teknik mencari dan mengumpulkan data penulis mengolah data sesuai dengan pembahasan pendidikan Islam berbasis teknologi di era revolusi industri 5.0. Hasil penelitian guna menghadapi tantangan besar ini, sangatlah perlu mempersiapkan keseimbangan bertumbuh yang berkualitas dengan menanamkan nilai-nilai yang dapat mempengaruhi kedewasaan seseorang. Banyak elemen yang semestinya berkontribusi untuk menyiapkan tantangan ini. Mulai dari pola pengasuhan orang tua, didikan dan ajaran guru, serta tingkat keamanan lingkungan yang masih menegakkan nilai-nilai agama Islam.Untuk menghadapi teknologi dan perkembangan yang begitu pesat kedepannya, peserta didik tidak hanya dituntut untuk mengikuti perkembangan saja, namun harus tetap berada pada lingkaran norma agama yang sesuai.
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBackFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v3i2.23876
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.