Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Al-Ikhwan Pekanbaru (Studi Kasus di MTs Al-Ikhwan Pekanbaru)

Aji Syahri, Ary Prayuni, Irwan Suanto, Muhammad Faisal, Sohiron Sohiron

Abstract


Keberhasilan atau kegagalan suatu sekolah tergantung pada kepemimpinan kepala sekolahnya, Faktor yang melatar belakangi antara lain, adanya administrasi sekolah yang kurang baik,peranan kepemimpinan yang kurang baik dalam mengembangkan mutu pendidikan seperti “sarana dan prasarana Selain itu faktor yang cukup berpengaruh adalah faktor peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Bagaimana hasil peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Untuk mengetahui peningkatan mutu kepemimpinan kepala sekolah dalam mutu pendidikan. Untuk mengetahui hasil peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam menigkatan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru. Tempat penelitian dilakukan di Mts Al-Ikhwan Pekanbaru. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Peranan kepemimpinan kepala sekolah di Mts Al-Ikhwan menjadi elemen setral arah penentu keberhasilan sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah sudah optimal, sehingga Kepala Sekolah lebih mempunyai waktu yang cukup berada di lingkungan sekolah. 2. Peningkatan mutu Kepala Sekolah di Mts Al-Ikhwan memperhatikan warga sekolahnya membuatnya visi dan misi, menyusus program (prota, promes), melaksanakan yang telah di susun, dan melakukan evaluasi, dan memfasilitasi minat bakat siswa dengan kegiatan-kegiatan ekstakulikuler dan peningkatan mutu sarana dan prasarana belum maksimalnya dan sudah banyak yang using seperti lab laboratorium, lab ipa. 3. Sebagian besar lulusan dapat melanjutkan kesekolah baik negeri maupun swasta, dan dapat bersaing, dapat menghasilkan siswa yang bisa baca Al-quran dan kitab kuning. Sedang di bangunnya gedung untuk penambahan kelas yang ditujukan untuk memenuhi dan meningkatkan mutu pendidikan, dan guru-guru lebih menjadi lebih baik lagi dalam hal administrasi seperti dalam perlengkapan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2008). Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Dede, M. (2011). Manajemen Mutu Pendidikan Islam: Model Pengembangan Teori dan Aplikasi Siswa Penjaminan Mutu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Eneng, M. (2016). Kinerja Kepala Sekolah. Ciputat: Haja Mandiri.

Gorton, R. A. 1976. School administration. America: Brown Company Publisher.

Hasan, B. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung : CV . Pustaka Setia.

Indara, F.S. (2006). Bagaimana Memimpin Sekolah yang efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kartono. (2006). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lexy, J. M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, cet. 30. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Made, P. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mujiono, I. (2002). Kepemimpinan dan Keorganisasian. Yogyakarta: UII Pres.

Mulayasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosrakarya.

Safrudin, M. E. (2011). Kepemimpinan Pendidikan Transformasi. Jakarta: Media Press.

Samsudin, S. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Pustaka Setia

Timpe, D. A. (1993). Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Produktivitas. Jakarta: Gramedia.

Veithzal, R. (2003). Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v2i4.20041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.