Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25).
Elianur, C. (2017). Pemanfaatan aplikasi whatsapp sebagai sarana diskusi antara pengawas dan guru pendidikan agama Islam. Jurnal As-Salam, 1(2), 1-14.
Enterprise, J. (2020). Chatting Tanpa Batas Menggunakan Whatsapp. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1-13.
Imaduddin, M. (2018). Membuat Kelas Online Berbasis Android Dengan Google Classroom: Terobosan Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Garudhawaca.
Ishaq, I. (2006). Pendidikan sebagai investasi masa depan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Kartono, K. (2020). Respon Guru dan Siswa Sekolah Dasar terhadap Hasil Pengembangan Soal Online Menggunakan Google Form sebagai Implementasi Belajar dari Rumah. Visipena, 11(2), 393-403.
Khairiyah, N & Zen, E.S. (2017). Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SMA/MA/ SMK/MAK KELAS X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kindarto, A & Community, S. (2018). Belajar Sendiri Youtube. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Kusmana, A. (2011). E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1), 35-51.
Mashadi & Armawan, A.D. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Pembukuan.
Mulatsih, B. (2020). Penerapan aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam pembelajaran kimia di masa pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26.
Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas penggunaan media online dalam meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi saat awal pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan ekonomi Indonesia, 1(2).
Nurkhamid. (2008). Mengelola E-learning dengan Moodle. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis TIK Memanfaatkan Rumah Belajar. KEMENDIKBUD.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39.
Putranti, N. (2016). Cara membuat media pembelajaran online menggunakan edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 139-147.
Rahartri, L. I. P. I. (2019). " Whatsapp" Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 21(2), 147-156.
Reinke, W. M., Stormont, M., Herman, K. C., & Newcomer, L. (2014). Using coaching to support teacher implementation of classroom-based interventions. Journal of Behavioral Education, 23(1), 150-167.
Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo.
Samosir, F. T., Pitasari, D. N., & Purwaka & Tjahjono, P. E. (2018). Efektivitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81-91.
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(3), 313-323.
Sholihah, W & Mardiyono, A. (2020). Mengelola Kelas Online dengan Moodle 3.8. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Suhartatik, T. (2020). BEST PRACTICE Implikasi Media Quizizz Berbasis Android Terhadap Kualitas Pembelajaran dalam Mencetak Siswa Berprestasi Di Tingkat Nasional. Jakarta: Ahlimedia Book.
Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
Susanto, N. (2020). Right Choice, Right Choice Modul Langkah-Langkah Membuat Modul Elektronik Sederhana. SMP Negeri 1 Sumbang.
Susanto. (2013). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Selembar Empat.
Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada.
Tim Dosen TSM. (2020). Panduan Penggunaan Microsoft Office 365. Trisakti School of Management.
Tim Pembelajaran Daring. (2020). Panduan Penggunaan Google Classroom. Malang: Universitas Negeri Malang.
Warsita, B. (2019). Pemanfaatan portal Rumah Belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal: Teknodik, 23(1), 68-70.
Yoyo Sudaryo, S. E., MM, A., Efi, N. A. S., R Adam Medidjati, S. E., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Yogyakarta: Penerbit Andi.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v2i1.16432
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.