Perkembangan Model Integrasi Pendidikan dalam Hadist dan Penerapannya
Abstract
Integrasi terhadap pemahaman hadis perlu dilakukan dalam konteks kekinian salah satunya adalah dengan melakukan model integrasi pendidikan dalam hadis yang merupakan konsekuensi dari perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan untuk menghasilkan pemahaman baru atas ajaran Islam baik dalam al-Qur’an maupun Hadis. Tujuan dari makalah ini adalah menjelaskan bagaimana konsep model integrasi pendidikan dalam hadis pada pembelajaran dan perkembangannya. Metode penelitian dengan menggunakan konten analisis dengan pendekatan kualitatif, data di ambil dari buku-buku, jurnal penelitian, website sebagai sumber utama dan situs-situs atau sejarah yang berkaitan sebagai sumber pendukung. Adapun hasil dari makalah ini adalah Model integrasi pendidikan dalam hadis pada pembelajaran dan penerapannya yang berkembang sesuai dengan perkembangan pemahaman yang lebih kompleks luas dan secara rasional empiris dapat diakui, di sisi lain hal tersebut memberikan sumbangan tersendiri bagi kritik hadis, dimana adanya temuan ilmiah (fakta ilmiah). Model integrasi pendidikan dalam hadis yang berkembang dalam tulisan ini adalah model integrasi interkoneksi yang di gagas oleh Amin Abdullah dan Syamsul anwar.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v2i2.16028
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.