Pendidikan Keluarga dalam Hadist

Jisman Jisman, Ilyas Husti, Sudirman Sudirman, Nurhadi Nurhadi

Abstract


Pendidikan keluarga adalah sesuatu yang mendasar didalam Islam, hal itu simetris dengan pandangan Islam yang menempatkan keluarga sebagai hal yang utama pula. dalam keluarga diperoleh pengetahuan dasar – dasar Agama, suami Istri akan saling melengkapi satu sama lainnya. Suami berkewajiban mendidik istri sesuai tuntutan Agama, suami istri harus berlomba untuk saling melengkapi satu sama lain.Keberhasilan pndidikan dalam keluarga menjadi modal keberhasilan pendidikan masyarakat. Banyak hadist hadits Rasulullah yang dapat dipetik sebagai normanorma dalam pendidikan keluarga, termasuk tentang bagaimana mendidik anakanak agar mereka menjadi anak yg shaleh. Banyak juga hadits hadits bagaimana mendidik Istri. Penelitian ini menggunakan tinjauan literatur dengan mengumpulkan data dan informasi terkait pentingnya pendidikan keluarga dan praktik pengasuhan. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang urgensi pola pendidkan keluarga dalam kaitannya dengan kestabilan dan keharmonisan serta tumbuh kembang anak dan memberikan pemahaman tentang kebutuhan anak yang harus dipenuhi oleh orang tua, meliputi kebutuhan pendidikan, panutan, keamanan (fisik/psikologis) dan gambaran pendidikan. dengan visi fase perkembangan anak sehingga model pendidikan yang ditawarkan dapat disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Andriyani, J. (2016). Korelasi peran keluarga terhadap penyesuaian diri remaja. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 22(2).

Asfiyah, W., & Ilham, L. (2019). Urgensi pendidikan keluarga dalam perspektif hadist dan psikologi perkembangan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 16(1), hlm. 1-20.

Asfiyah, W., & Ilham, L. (2019). Urgensi pendidikan keluarga dalam perspektif hadist dan psikologi perkembangan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 16(1), hlm. 1-20.

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), hlm. 414-431.

Ginanjar, M. H. (2017). Tantangan dan Peluang Lembaga Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08), hlm. 17.

Harianti, R., & Amin, S. (2016). Pola asuh orangtua dan lingkungan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(2).

Haris, A., & Amin, K. (2020). Model pembelajaran agama Islam berbasis pesantren di Panti Asuhan Al-Ma’wa Sumberpucung Malang. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), hlm. 117-132.

Hidayat, H., Hendrayana, Y., Paramitha, S. T., & Permadi, A. A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Penjas (Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Renang di MTs Sekecamatan Leles Kabupaten Garut). Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 19(2), hlm. 103-110.

Kebijaksanaan, M. (2021). Remaja Di Masa Pandemi. Tinjauan Pandemi COVID-19 dalam Psikologi Perkembangan, 168.

Khakim, A., & Munir, M. (2019). Islamic Parenting: Aktualisasi Pendidikan Islam Dalam Tafsir QS Luqman Ayat 12-19. JIE (Journal of Islamic Education), 3(2), hlm. 203-220.

Lisnawati, Y., Abdussalam, A., & Wibisana, W. (2015). Konsep khalīfah dalam Al-QurᾹn dan implikasinya terhadap tujuan Pendidikan Islam (Studi Maudu’i terhadap konsep khalīfah dalam Tafsir Al-Misbah). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 2(1), hlm. 47-57.

Nurhadi, N. (2019). Pendidikan Keluarga Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 1-34.

Hadi, N. (2019). Pendidikan Teologi Lintas Agama dalam Meraih Keluarga Bahagia (Analisis Teori Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu). AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 67-78.

Nurhadi, N. (2020). Trilogi Demografis Pendidikan Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah (SD). ISLAMIKA, 2(2), 176-191.

Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), hlm. 5.

Pamungkas, H. W., Sos, S., & Si, M. (2014). Interaksi orang tua dengan anak dalam menghadapi teknologi komunikasi internet. Jurnal Tesis PMIS Untan, 1, hlm. 1-17.

Putri, S. O., & Wijayanti, N. S. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Administras Perkantoran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 7(2), hlm. 155-164.

Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), hlm. 1-18.

Schneider, Personal Adjustment and Mental Health, (New York: Winston, 1964), hlm. 405.

Siregar, H. (2016). Peranan Keluarga dalam Mencegah Tindak Tuna Sosial oleh Remaja di Desa Cadasari Kec. Cadasari Kab. Pandeglang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(1).

Sudaryanti, S. (2014). Mendidik anak menjadi manusia yang berkarakter. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).

Sukaimi, S. A. (2013). Peran orang tua dalam pembentukan kepribadian anak: Tinjauan psikologi perkembangan Islam. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), hlm. 81-90.

Supriyadi, S., Ramayanti, G., & Roberto, A. C. (2017). Analisis Kualitas Produk dengan Pendekatan Six Sigma. Repository Universitas Serang Raya, D7-D13.

Syahraeni, A. (2015). Tanggung Jawab Keluarga dalam Pendidikan Anak. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 2(1).

Syofian, M., & Gazali, N. Kajian literatur: Dampak covid-19 terhadap pendidikan jasmani. Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), hlm. 93-102.

Wahdani, F., & Burhanuddin, H. (2020). Pendidikan Keluarga di Era Merdeka Belajar. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 2(1), hlm. 1-10.

Wahidin, W. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v3i1.16003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.