Model Deradikalisasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Aceh dalam Memberikan Pemahaman Deradikalisasi kepada Narapidana Teroris

Siti Mupida, Bono Setyo

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menjelaskan hubungan balik atau koeksistensi  antara lembaga pemasyarakatan dan pemahaman model deradikalisasi kepada narapidana teroris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan literatur review dari berbagai buku dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini dikerjakan dengan berdasarkan pada metode observasi dan wawancara. Peneliti akan terjun langsung ke lapangan untuk mendatangi lapas di Aceh. Argumen tulisan ini adalah bahwa radikalisme ini dapat diartikan sebagai ‘doktrin’ maupun praktik yang diterapkan oleh para penganut paham radikal dan paham ekstrim, sehingga perlu pemahaman deradikalisasi ekstra kepada narapidana teroris. Oleh karena itu, penulis menemukan beberapa medel deradikalisasi kepada narapidana teroris di lapas Aceh. Pertama, dengan Soft Line Approach, yaitu berupa tindakan pencegahan. Kedua, kolaborasi dengan puhak BNPT terkait progran deradikalisasi terhadap napiter. Ketiga, napiter wajib mengikuti program pembinaan yang ada di lapas. Keempat, mendatangkan ustaz dari luar setiap satu kali dalam seminggu untuk memberikan pemahaman agama yang baik dan benar kepada napiter.

Full Text:

PDF

References


Andi Hamzah. (2000). Hukum Acara Pidana Indonesia. Hukum Acara Pidana Indonesia.

Bennu, B. (2018). Penggunaan Media Pengajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Inpres Tangkala II Makassar. Jurnal Pattingalloang.

Fauzi, A. (2021). Program Deradikalisasi Sebagai Upaya Reintegrasi Sosial Bagi Narapidana Terorisme Di Indonesia. JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora.

Firmansyah, R. (2019). Rehabilitasi dan Deradikalisasi Terhadap Anak Pelaku Tindak Pidana Terorisme. Jurist-Diction. https://doi.org/10.20473/jd.v2i2.14258

Hamja, H., Dewi, S. A., & Sukarini, E. E. (2021). EFEKTIVITAS PEMBINAAN MENTAL DAN DERADIKALISASI NARAPIDANA TERORIS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS III GUNUNG SINDUR BOGOR. Masalah-Masalah Hukum. https://doi.org/10.14710/mmh.50.4.2021.460-472

Hikam, M. A. S. (2000). Communication Democracy in Indonesia and East Timor. Pacifica Review: Peace, Security & Global Change. https://doi.org/10.1080/132391000113718

Ibrahim, A. (2018). Peran BNPT Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Terorisme Menurut Perpres No. 46 Tahun 2010 Tentang BNPT. Lex Crimen.

Indrawan, J., & Aji, M. P. (2019). EFEKTIVITAS PROGRAM DERADIKALISASI BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN TERORISME TERHADAP NARAPIDANA TERORISME DI INDONESIA. Jurnal Pertahanan & Bela Negara. https://doi.org/10.33172/jpbh.v9i2.561

Khasanah, W. N., Anshori, R. O., Lestari, P., Aryanti, K., Maulani, Z. N., Farida, R. V., ..., & Sianturi, R. (2022). Intervensi Penanganan Psikologis pada Pengguna NAPZA. Jurnal Kesehatan Holistic.

Moleong, J. L. (2020). metodologi penelitian kualitatif J lexy Moleong. Jurnal Ilmiah.

Regilme, S. S. F. (2012). Bilveer Singh on the “Taliban” of Southeast Asia. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.1850737

Taskarina, L. (2020). Women Victimization on Islamic State of Iraq and Syria (ISIS):A Critical Analysis On Terrorist Wives. Jurnal Keamanan Nasional. https://doi.org/10.31599/jkn.v6i1.454

Thahir, M. Telaa Surat Lukman Menurut Quraish Shihab: Memahami Konsep Pendidikan Karakter dalam Islam. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 22(2), 199-222.

Vebrianto, R., Hermita, N., Irawan, D., Mujtahid, I. M., & Thahir, M. (2024). Teachers' experiences in sekolah penggerak program: a retrospective case study. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(1), 79-88.

Iskandar, E., Rahmadan, A. A., Andini, C. P., & Thahir, M. (2023). Strengthening the knowledge of PAUD teachers about character education through living values education in Bengkalis Regency. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1779-1793.

Thahir, M., Hitami, M., & Zaitun, Z. (2023). Shaping Resilient Futures: The Effect of PAI-Based Anti-Drug Learning Devices in Riau Province's Junior High Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 4736-4746.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nur.v12i2.29183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.