Profil Pendidik dalam Al Qur’an

Masrul Hakim, Said Agil Husin Al Munawar, Alwizar Alwizar

Abstract


Pendidik atau Guru menjadi komponen terpenting dalam sebuah sistem Pendidikan karena guru ibarat menjadi jantung yang mengedarkan darah ke seluruh jaringan tubuh, begitu pula posisi guru yang menjadi sentral transformasi, internalisasi dan eksternalisasi  nilai-nilai  dan  materi  pendidikan  dalam  sebuah  sistem  pendidikan. Dalam Al-Qur’an terdapat beberapa isyarat yang memberikan gambaran tentang sosok pendidik yang ideal dan professional. Dalam penelitian ini, yang ingin dicari adalah bagaimana konsepsi (pengertian, pendapat, rancangan) Al-Qur’an tentang profil pendidik (guru/dosen) dalam proses Pendidikan, hadirnya sosok pendidik  berpangaruh dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Metode yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  studi  kepustakaan  dengan mengambil rujukan beberapa jurnal dan kitab tafsir. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa sosok pendidik prosesional dalam Al-Qur’an terdapat dalam beberapa surat pada ayat-ayatnya yang memberikan gambaran pendidik yang ideal dan professional perspektif Al-Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2016). Menjadi Dosen Profesional dan Inspiratif. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 3(1), 109-120.

Aisyah, S. (2019). Pendidikan Fithrah dalam Perspektif Hadist (Studi tentang Fithrah Anak Usia 7-12 Tahun). Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 51-64.

Akmansyah, M. (2015). Al-Qur’an dan Al-Sunnah sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8(2), 127-142.

Ali, M. (2017). Hakikat pendidik dalam pendidikan Islam. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 82-97.

Anhar, H. (2013). Interaksi Edukatif Menurut Pemikiran Al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(1), 28-41.

Arafah, N. (2020). Pendidikan yang Berkualitas Perspektif Hadratusysyaikh Kyai Hasyim Asy’ari. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 5(1).

Azizeh, N. (2019). Mukjizat Naratologis: Studi Andragogi atas Kisah Musa-Khidr dalam Surah Al-Kahfi 60-82. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 18(1), 88-100.

Baharun, H., Bali, M. M. E. I., Muali, C., & Munawaroh, L. (2020). Self-Efficacy sebagai Media Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6(2), 344-357.

Budiani, S., Sudarmin, S., & Syamwil, R. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 45-57.

Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Terhadap Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal. Jurnal Tarbiyah, 24(1).

Darmadi, H. (2016). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.

Effendi, B. Z. (2017). Merengkuh Kembali Idealisme Guru PAI dalam Rangka Mewujudkan Sikap Profesional. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).

Fadilah, A. R. (2021). Pola Pembinaan Wali Kelas dan Guru PAI dalam Peningkatan Disiplin Belajar Sisiwa SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Agama Islam dan Humaniora, 1(01), 17-17.

Fajriana, A. W., & Aliyah, M. A. (2019). Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 246-265.

Furqan, A., & Murniyeeti, M. (2018). Profil Pendidik Dalam Lingkaran Terminologi Ayat-Ayat Alquran. Islam Transformatif/: Journal of Islamic Studies, 1, 191-202.

H Ali Muhtarom, M. H., Karim, H. A., Choiron, H. A., Asmani, J. M. M., & Hasyim, Y. (2019). Islam Agama Cinta Damai: Upaya Menepis Radikalisme Beragama. CV. Pilar Nusantara.

Hamidah, L., Siregar, S., & Nuraini, N. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 135-146.

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 2(1), 56-65.

Hidayah, S. R., Fitriya, A., Syaekhotin, S., & Farikhin, F. (2021, August). Kompetensi Kepribadian Guru di Lembaga Pendidikan Perspektif Imam Al-Ghozali dalam Kitab Ihya’Ulumuddin. In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 5, No. 1, pp. 1-19).

Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 179-194.

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Maisyaroh, M. (2019). Hakikat Pendidik dalam Perspektif Falsafah Pendidikan Islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2), 1-9.

Murniyeeti, M. (2018). Profil Pendidik Dalam Lingkaran Terminologi Ayat-Ayat Alquran. Islam Transformatif: Journal of Islamic Studies, 1(2), 191-202.

Mutmainah, S. (2019). Diksi Dalam Pola Asuh Anak yang Islami. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1-17.

Nasir, M. F. A., & Arif, M. (2021). Sumbangan Studi Al-Qur’an Bagi Keilmuan Islam Dan Pendidikan. Basha'ir: Jurnal Studi Al-Qur'an Dan Tafsir, 1-8.

Nofiaturrahmah, F. (2018). Penanaman karakter dermawan melalui sedekah. ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf, 4(2), 313-326.

Nurhamidah, I. (2018). Problematika kompetensi pedagogi guru terhadap karakteristik peserta didik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 27-38.

Nurrohmah, M. R., & Syahid, A. (2020). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran dan Pendidikan Barat. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 34-44.

Oktradiksa, A. (2012). Pengembangan kualitas kepribadian guru. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 231-248.

Oviyanti, F. (2016). Tantangan pengembangan pendidikan keguruan di era global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 267-282.

Rahmadani, R. (2019). Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Sains Riset, 9(2), 17-25.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1).

Ristianah, N. (2015). Pendidikan Anak dalam Keluarga. Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan dan Hukum Islam, 1(2), 122-145.

Sahartian, S. (2018). Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3: 10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 1(2), 146-172.

Saihu, S., & Taufik, T. (2019). Perlindungan Hukum Bagi Guru. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 2(2), 105-116.

Siskandar, S., & Suhendri, S. (2020). Pendidik Profesional Dalam Al-Qur’an. el-Moona| Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 39-54.

Suraji, I. (2012). Urgensi kompetensi guru. Edukasia Islamika, 10(2), 70284.

Syahputra, D. (2017). Esensi Alam Semesta Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. TAZKIYA, 6(1).

Syarifuddin, H. (2021). Hakikat Pendidik. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 5(1), 26-33.

Wahid, A. (2013). Guru Sebagai Figur Sentral dalam Pendididkan. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 8(2), 1-13.

Wahidah, N. F. (2021). Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam. Al-Karim, 6(1), 27-48.

Waldi, I. (2019). NILAI-NILAI PENDIDIKAN (analisis terhadap kitab washaya al-Aba’i li al-Abna’). Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 5(1), 95-110.

Wiyono, A. H. (2018). Profesi Guru Dalam Perspektif Al-Qur’an. Samawat, 2(1).

Zarkasyi, A. (2020). Pendidikan Diniyah Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 5(2), 325-342.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nur.v11i2.19812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.