Kemukjizatan Hewan Rayap dalam Al-Qur’an (Kajian Sains Al-Qur’an)

Masyhuri Putra, Lukmanul Hakim

Abstract


Rayap adalah binatang kecil yang penuh keajaiban. Ketika kisahnya bersama Nabi Sulaiman diabadikan dalam al-Qur’an, maka hal ini menjadi sangat menarik untuk dikaji dan diteliti. Rayap membangun sarang-sarangnya yang tinggi sesuai dengan perencanaan tertentu. Rayap juga membangun suatu sistem pertukaran udara khusus di dalam sarangnya. Kulitnya sangat tipis, membutuhkan udara lembab yang ada di sekelilingnya. Karena itu, mereka harus mempertahankan suhu dan kelembaban sarang pada tingkat tertentu. Jika tidak, maka rayap akan mati. Untuk itu rayap mengupayakan agar udara beredar di sarangnya melalui saluran-saluran khusus dan menggunakan air dari saluran bawah tanah yang telah mereka gali. Dengan cara itulah mereka mengatur suhu dan kelembaban sarangnya. Rayap mengajarkan kedisipilnan dan kesungguhan dalam bekerja. Rayap adalah makhluk yang bekerja diam-diam, meskipun diam mereka tetap bekerja. Penciptaan rayap di belahan dunia tertentu berperan sebagai pengurai tumbuhan yang sudah mati sehingga terjadi siklus mata rantai kehidupan bagi keberlangsungan planet bumi ini.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


al-Qardhawi, Y. (1999). Berinteraksi dengan al-Qur’an, Cetakan 1, Jakarta: Gema Insani Press.

Anisah, N. H. (2021). Status Spesies Rayap Tanah Macrotermes gilvus Pada Petak Perkebunan Tebu Di Pt Sweet Indolampung Tulang Bawang (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Arif, A., Putri, G., Lestari, P. I., Widawati, W., Nurqalbi, M., & Saira, A. (2020). Keragaman Rayap Rhinotermitidae (Isoptera, Insekta) di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin: Diversity of Rhinotermitidae (Isoptera, Insecta) on Education Forest of Hasanuddin University. PERENNIAL, 16(2), 59-67.

Bay, S. (2022). Mengenal Diri dalam al-Qur’an. ISLAMIDA Journal of Islamic Studies, 1(1), 44-60.

Daud, I. (2019). Islam dan Sains Modern (Telaah Pemikiran Nidhal Quessoum Dalam Karyanya Islam’s Quantum Question, Reconciling Muslim Tradition And Modern Science). Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 74-89.

Farwis, F. (2018). Geneologi pemikiran politik Tan Malaka ditinjau dari perspektif Islam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Fitriani, F. (2017). Metode Pemeliharaan Koleksi Skripsi Di Unit pelayanan Teknis Perpustakaan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (Doctoral dissertation, universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Islamiyah, V. A. (2017). Kepadatan serangga tanah di perkebunan teh PTPN XII Wonosari Lawang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Isma’il, A. I. A. F. (2002). Ibnu Katsir ad-Dimasyqi. Terjemah Tafsir Ibnu Katsir Juz, 10.

Kathir, I., & bin‘Amr, A. A. F. I. (1999). bin Kathir al-Qurasyiy ad-Dimasyqiy. Tafsir al-Quran al-‘Azim. Riyadh: Dar at-Tayyibah.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. (2012). Hewan dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains. Jakarta: Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Ningsih, D. S., Dahelmi, D., & Rahayu, R. (2015). Jenis-Jenis Rayap (Isoptera) Pada Kawasan Cagar Alam Lembah Anai Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Natural Science: Journal of Science and Technology, 4(2).

Rosadisastra, A. (2014). Integrasi Ilmu Sosial Dengan Teks Agama Dalam Perspektif Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Mutawatir, 4(1).

Savitri, A., Martini, M., & Yuliawati, S. (2016). Keanekaragaman Jenis Rayap Tanah dan Dampak Serangan Pada Bangunan Rumah di Perumahan Kawasan Mijen Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 4(1), 100-105.

Yahya, H. (2004). Keajaiban Al-Qur‟an, Terj. Rini N. Badariah. Bandung: Arkan.

Yunanda, R. (2019). Fauna dalam Perspektif al-Qur’an (Studi Tafsir Ilmi Kemenag LIPI) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.