Nilai-nilai Pendidikan Anak dalam Buku Ensiklopedi Pendidikan Anak Karya Mushthafa Al ‘Adawi

Dewi Susanti, Gusma Afriani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Nilai-nilai pendidikan anak yang terkandung pada buku Ensiklopedi Pendidikan Anak dari Mushthafa Al ‘Adawi. Fokus permasalahannya adalah nilai pendidikan anak yang terkandung dalam buku Ensiklopedi Pendidikan Anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library Reseach). Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi. Teknis analisis data meggunakan analisi isi (content analysis) yang berhubungan dengan isi yang terkandung dalam buku Ensiklopedi Pendidikan Anak karya Mushthafa Al ‘Adawi. Teknik ini dilakukan dengan cara membaca buku secara komprehensif, mengidentifikasi, dan menganalisis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai pendidikan anak dalam buku Mushthafa Al ‘Adawi ialah nilai pendidikan anak berupa nilai religius dalam (1) Melatih anak untuk melakukan ketaatan sejak kecil bahkan mendorong mereka untuk melakukannya, seperti mewajibkan anak untuk melakukan ibadah sholat dari ia berumur tujuh tahun, (2) Mengucapkan salam kepada aanak-anak ketika bertemu (3) Menjawab do’a bersin (4) Ajarkan anak etika menguap.

Full Text:

PDF

References


Al, ‘Adaw, M. (2006). Ensiklopedi Pendidikan Anak. Bogor: Pustaka Al Inabah.

Andi Putri Allo, A. (2019). Peran Keluarga dalam Mengotrol Pergaulan dan Ibadah Shalat Anak di Kelurahan Sakti Kecamatan Bua Kabupaten Luwu (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daradjat, Z. (2002). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Djumhana, B.H. (1995). Integrasi Psikologi Dengan Islam. Yogyakarta: Pestaka Pelajar.

Fadhlurrahman, J.S. (2021). Ebook: Pendidikan Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an.

Fuaduddin, T.M. (1999). Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Islam. Jakarta: Lembaga Kajian dan Jender.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hertina. (2013). Hukum Keluarga Islam Asia Tenggara. Pekanbaru: Suska Press.

Hilyati, U.H. (2014). Kajian Hadis Tematik Seputar Bersin: Perspektif Ilmu Hadis. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Husaini, M.N.H.S. (1978). Himpunan Istilah Psikologi. Jakarta: Mutiara.

Kaelan. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, seni, Agama, Humaniora. Yogyakarta: Paradigma.

Lazim, M. N. (2018). Memahami Hadist Tentang Menguap (Studi Kritis dengan Tinjauan Sains). Skripsi Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Ma’zumi., Syihabudin, S., & Najmudin, N. (2019). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Sunnah: Kajian atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib dan Tazkiyah. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 193-209.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nashih, U.A. (2007). Pendidikan Anak dalam Islam Jilid II. Jakarta: Pustaka Amani.

Nasih, U.A. (2002.). Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.

Nourma, I.G. (2014). Skripsi: Anak dalam Islam. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nurani, Y. (2019). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: CV Campustaka.

Nurzazin. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Edulitera.

Poerwadarminto, W.J.S. (1976). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sitorus, M. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Medan: IAIN Press.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suwaid, M. (2004). Mendidik Anak Bersama Nabi, terjemahan Salafuddin Abu Sayyid. Solo: Pustaka Arafah.

Unayah. 2011. Peranan Keluarga dalam Pembiasaan Ibadah Shalat Anak di Cilincing Jakarta Utara, Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Yeni, A. (2018). Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Proses Belajar Anak di TK Harapan Bangsa Tanjung Barulak Batipuh. Skripsi. Batu Sangkar: Institut Agama Islam.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.