Telaah Tafsir Faidh Al Rohman Karya Kiai Sholeh Darat

M. Salman Alfarisi

Abstract


Artikel Tafsir Faidh al-Rahman fi Tarjamah Tafsir Kalam Malik ad-Dayyan (Limpahan Rahmat Allah dalam Menerjemahkan Tafsir Firman-firman Allah Penguasa Hari Pembalasan) karya Kiai Shaleh Darat. Tafsir yang ditulis dengan arab Pegon ini tidak hanya bertujuan untuk masyarakat pribumi bisa memahami isi kandungan al-Qur‘an, tetapi sekaligus dijadikan senjata untuk melawan hegemoni kekuasaan. Di saat Belanda melarang menerjemahkan al-Qur‘an, justru Kiai Shaleh Darat berani melawannya dengan menulis sebuah karya tafsir. Seperti apa yang digunakan oleh Kiai Shaleh Darat yang berhasil membangkitkan pemikiran para muridnya. Belanda khawatir akan spirit revolusioner yang ada di dalam al-Qur‘an sehingga mampu menghidupkan gerakan perlawanan terhadap Belanda. Tafsir Faidh alRahman yang menggunakan corak sufistiknya telah menjadi ruh di setiap lembarnya. Kiai Shaleh sangat lues didalam mengkorolasikan antara makna dhahir dan makna isyarinya secara sinergis. Dengan mengusung corak sufistiknya, tentunya tidak lepas dari proses dialog antara pesan-pesan Tuhan dengan setting sosio-historis yang melingkupinya.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. Z. (2018). Aspek Lokalitas Tafsir Fai Al-Rahman Karya Muhammad Sholeh Darat. Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(1), 14-26.

Faiqoh, L. (2018). Unsur-unsur Isyary dalam Sebuah Tafsir Nusantara (Telaah Analitis Tafsir Faid al-Rahman Kiai Sholeh Darat). Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur'an dan Tafsir, 3(1), 69-90.

Faiqoh, L. (2018). Vernakularisasi dalam Tafsir Nusantara: Kajian atas Tafsir Faid al-Rahman karya KH. Sholeh Darat al-Samarani. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 1(1), 85-128.

Gusmian, I. (2002). Khazanah tafsir Indonesia dari Hermeneutika hingga Ideologi. Jakarta:Teraju

Gusmian, I. (2015). Dinamika Tafsir al-Qur’an di Malaysia Pada Abad ke-20 M. IAIN SURAKARTA.

Hakim, T. (2016). Kyai Shaleh Darat dan Dinamika Politik di Nusantara Abad XIXXX. Yogyakarta: INDes.

Irfan, A. (2017). Local Wisdom dalam Pemikiran Kyai Sholeh Darat: Telaah Terhadap Kitab Fiqh Majmu'at al-Shari'ah al-Kafiyah li al-'Awam. Ulul Albab: Jurnal Studi dan Penelitian Hukum Islam, 1(1), 88-109.

Istianah, (2019). Kritik Sosail Kiai Shaleh Darat dalam Melawan Pemerintah Belanda dalam bingkai Sufistik, Jurnal Esoterik: Jurnal Akhak Tasawuf Vol.5 No.1

Mustaqim, A. (2008). Pergeseran Epistemologi Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mustaqim, A. (2018). Tafsir Jawa Eksposisi Nalar Shufi Isyari Kiai Shaleh Darat Kajian atas Surat al-Fatihah dalam Kitab Faidh al-Rahman. Yogyakarta: Idea Press.

Rahmad, J. (1999). Meraih Cinta Ilahi Pencerahan Sufistik. Bandung: Rosdakarya.

Shaleh bin Umar As-Samarani, Muahmmad. (1309). Tafsir Faidh al-Rahman fi Tarjamah Tafsir Kalam al-Malik al-Dayyan. Mesir: tt.

Shokheh, M. (2011). Tradisi Intelektual Ulama Jawa: Sejarah Sosial Intelektual Pemikiran Keislaman Kiai Shaleh Darat. Paramita: Historical Studies Journal, 21(2).

Tempo, S.B. (2018). Gelap-Terang Hidup Kartini, Perempuan-perempuan Perkasa. Bogor: PT Grafika Mardi Yuana.

Wahab, A. (2018). Tren Sosio-Sufistik Dalam Tafsir Kitab Faidl al-Rahman. Hermeneutik: Jurnal Ilmu Al Qur’an dan Tafsir.

Wawancara dengan Lukman Hakim Sektiawan salah satu cicit Kiai Shaleh Darat, pada tanggal 28 Juli 2018 di rumahnya Jl. Kakap Darat Tirto 212 Kel. Dadapsari. Semarang Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.