IMPLEMENTASI PROGRAM TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN MAHASISWA DI LEMBAGA PENDIDIKAN PROFESI (LPP) RIAU INTERNATIONAL COLLEGE

Amiruddin Amiruddin, Imratul Handayani, Sri Wahyuni Hakim

Abstract


Implementasi program tahsin dalam meningkatkan  kemampuan membaca Al-Quran mahasiswa di Lembaga Pendidikan Profesi (LPP) Riau International College dilakukan dengan cara membaca alquran yang ditampilkan menggunakan alat peraga multimedia yaitu menggunakan layar proyektor, cukup berhasil meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran seluruh mahasiswanya. Mengingat metode tahsin yang dilaksanakan dengan cara langsung praktik membaca ayat Al-Quran serta guru tahsin tidak membebani mahasiswa untuk menghafal nama-nama hukum tajwid yang dipelajari, sehingga mahasiswa tidak merasa terbebani dengan hafalan yang banyak. Beberapa faktor yang mendukung keberhasilan program tahsin di lembaga pendidikan ini adalah penggunaan metode mengajar yang tepat, yaitu dengan metode tanya jawab, ceramah, baca simak dan menggunakan perangkat multimedia, serta faktor semangat belajar mahasiswa yang tinggi untuk belajar tahsin. Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi  pendidikan Islam pada Lembaga Pendidikan Profesi (LPP) Riau International College khususnya pengetahuan dan pelaksanaan mengenai program tahsin yang tepat, guna meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran bagi mahasiswanya.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


implementasi; Program Tahsin; Membaca Alquran

Full Text:

PDF (49 - 56)

References


Abdul Azis, Abdulrrauf al-hafidz. 2007. Panduan Daurah Alq’uran. Jakarta: Lembaga Ke Ilmuan Islam.

Abdul Aziz Abdur Rauf Al-Hafizh. 2015. Panduan Ilmu Tajwid Aplikatif.

Jakarta Timur: Markaz Al-Qur’an.

Abu Abdullah, Muhammad bin Ahmd. 2007. Tafsir Al-Qurthubi. Jakarta: Pustaka Azzam.

Adib Bisri, Munawwir. 1999. Kamus Al-Bisri Indonesia-Arab Arab Indonesia.

Surabaya: Pustaka Progresif.

Akbar, Husaimi Usman dan Purnomo Setiady. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Jakarta: Rineka Cipta Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian.

Endin Mujahidin dkk, Tahsin Al-Qur’an untuk orang dewasa dalam perspektif Islam. Jurnal pendidikan luar biasa: Vol. 14, No. 1, Mei 2020, him. 026-031 DOI: 10.32832/jpls.v14i1 3216, hal 30

Husin dkk, “Implementasi Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Mi Darul Falah”, Al-Muhith: Jurnal ilmu Quran dan Hadist, hal 16

Lembaga khusus dan pelatihan Al-Qur’an. 2016. Materi Praktis Tahsin 1.

Bandung: Tar-Q Press.

Mohamed Akhirudin Ibrahim. 2017. Persepsi Mata Kuliah Ulumul Qur’an Studi

Banding Universitas Riset. Istanbul: Turkey.

Nadia Saphira Cahyani dkk.2020. Efektivitas Tahfidh dan Tahsin Al-Quran pada Masyarakat di Indonesia, Islamic Insights Journal, Volume 02 Number 02, pp. 95-100, hal 99

Nikmat, Mahi M. 2014. Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi Dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rumainur. 2019. “Efektivitas Metode At-Tartil dalam Pembelajaran Tahsin Al-qur’an Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Kalimantan Timur”, jurnal penelitian : Fenomena, Vol.11, No 1

Setiawan, Dedi Indra. 2015. Pelaksanaan Kegiatan Tahsin Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Di Ma’had Sunan Ampel Al-Aly Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Mlang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5138.

Shaifudin. 2007. Pengertian Program Menurut Beberapa Ahli. Jakarta: Bumi Aksara.

St.Y. Slamet. 2017. Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Sudiarjo, Aso, Arni Retno Mariana, and Wahyu Nurhidayat. 2015. “Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid , Waqaf Dan Makharijul Huruf Berbasis Android. ” Jurnal Sisfotek Global 5 (2):54-60. http://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/view/80.

Surawan Martinus. 2001. Kamus Kata Serapan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Syarifuddin, Ahmad. 2004. Mendidik Anak: Membaca, Menulis Dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/au.v6i1.19749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AMIR UDIN



AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam is published by Islamic Education Program of Education and Teacher Training Faculty of Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004, Email: aluswah.pai@uin-suska.ac.id

 

Creative Commons License

AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.