NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KURIKULUM 2013
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kurikulum 2013. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kepustakaan atau Library research yang menggunakan berbagai sumber kepustakaan sebagai sumber data penelitian. Penelitian Kepustakaan atau Library research adalah telaah yang berkaitan dokumen yang akan diteliti, maka secara metodologis pendekatan yang digunakan adalah penomenologi. Teknikanalisi yang digunakan adalah dengan menggunakan langkah-langkah,yaitu (1) Pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) menarik kesimpulan/ verivikasi.Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Bahwa dalam kurikulum 2013 terdapat nilai-nilai pendidikandikan Islam seperti; a) Nilai pendidikan Islam Imaniyah; b) Nilai pendidikan Khulukiyah; c) Nilai pendidikan Islam Fikriyah ; d) Nilai pendidikan Islam Jasadiyah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azzumardi Azra, Esei-esei Intelektual Muslim Pendidikan Islam Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998
Direktorat Pembinaan SMP. 2009. Perkembangan Kurikulum SMP. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Kemendikbud. Dokumen Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012
Khairunnas Jamal, Sawaluddin:Qur’anic Terminology on Human Sense, Rational and Intuitive Potency, Al-Fikra : Jurnal ilmiah Keislaman, Vol.20,No.2, Juli – Desember 2021 (124 – 135)
Koiy Sahbudin Harahap, Khairunnas Rajab, Helmiati Helmiati, Sawaluddin Sawaluddin, Analysis of Islamic Educational Policy: Thailand Case Study, Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 06 No. 01 (2022) : 54-64
Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya, 1993
Muhammad Fauqi Hajjaj, Tasawuf Islam dan Akhlak, Jakarta: Amzah, 2011.
Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010
Nyoman Kutha Ratna, Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra, Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme Wacana Naratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
Omar al-Thaumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Jakarta: Bulan Bintang, 1979
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Permendiknas No. 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah(Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
Sawaluddin Sawaluddin, Koiy Syahbudin, Imran Rido, Supardi Ritonga, Creativity on Student Learning Outcomes in Al-Quran Hadith Subjects, Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, Volume 3 Issue 2 Year 2022 Pages 257-263
Sawaluddin Sawaluddin, Koy Sahbuddin Harahap, Muhammad Syaifuddin, Sainab Sainab, Syahrul Akmal Latif, Development of the Potential Senses, Reason, and Heart According to the Qur'an and its Application in Learning, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 253, 3rd Asian Education Symposium (AES 2018), pp.508-511
Sawaluddin Sawaluddin, Munzir Hitami, Zikri Darussamin, Sainab Sainab, The Potential of the Senses in AlQuran as the Basic Elements of the Human Physic and Its Application in Learning, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 261, International Conference on Islamic Education (ICIE 2018), pp. 158-162
Sudirman, Ilmu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1987
Undang-undang Nomor 17 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional, beserta segala ketentuan yang dituangkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/au.v4i1.16680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurul Zaman
AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam is published by Islamic Education Program of Education and Teacher Training Faculty of Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004, Email: aluswah.pai@uin-suska.ac.id
AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.