NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KURIKULUM 2013

Nurul Zaman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kurikulum 2013. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kepustakaan atau Library research yang menggunakan berbagai sumber kepustakaan sebagai sumber data penelitian. Penelitian Kepustakaan atau Library research adalah telaah yang berkaitan dokumen yang akan diteliti, maka secara metodologis pendekatan yang digunakan adalah penomenologi. Teknikanalisi yang digunakan adalah  dengan menggunakan langkah-langkah,yaitu (1) Pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) menarik kesimpulan/ verivikasi.Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Bahwa dalam kurikulum 2013 terdapat nilai-nilai pendidikandikan Islam seperti; a) Nilai pendidikan Islam Imaniyah; b) Nilai pendidikan Khulukiyah; c) Nilai pendidikan Islam Fikriyah ; d) Nilai pendidikan Islam Jasadiyah.


Keywords


Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Azzumardi Azra, Esei-esei Intelektual Muslim Pendidikan Islam Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998

Direktorat Pembinaan SMP. 2009. Perkembangan Kurikulum SMP. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Kemendikbud. Dokumen Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012

Khairunnas Jamal, Sawaluddin:Qur’anic Terminology on Human Sense, Rational and Intuitive Potency, Al-Fikra : Jurnal ilmiah Keislaman, Vol.20,No.2, Juli – Desember 2021 (124 – 135)

Koiy Sahbudin Harahap, Khairunnas Rajab, Helmiati Helmiati, Sawaluddin Sawaluddin, Analysis of Islamic Educational Policy: Thailand Case Study, Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 06 No. 01 (2022) : 54-64

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya, 1993

Muhammad Fauqi Hajjaj, Tasawuf Islam dan Akhlak, Jakarta: Amzah, 2011.

Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010

Nyoman Kutha Ratna, Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra, Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme Wacana Naratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Omar al-Thaumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Jakarta: Bulan Bintang, 1979

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendiknas No. 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah(Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013

Sawaluddin Sawaluddin, Koiy Syahbudin, Imran Rido, Supardi Ritonga, Creativity on Student Learning Outcomes in Al-Quran Hadith Subjects, Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, Volume 3 Issue 2 Year 2022 Pages 257-263

Sawaluddin Sawaluddin, Koy Sahbuddin Harahap, Muhammad Syaifuddin, Sainab Sainab, Syahrul Akmal Latif, Development of the Potential Senses, Reason, and Heart According to the Qur'an and its Application in Learning, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 253, 3rd Asian Education Symposium (AES 2018), pp.508-511

Sawaluddin Sawaluddin, Munzir Hitami, Zikri Darussamin, Sainab Sainab, The Potential of the Senses in AlQuran as the Basic Elements of the Human Physic and Its Application in Learning, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 261, International Conference on Islamic Education (ICIE 2018), pp. 158-162

Sudirman, Ilmu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1987

Undang-undang Nomor 17 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional, beserta segala ketentuan yang dituangkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/au.v4i1.16680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Zaman



AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam is published by Islamic Education Program of Education and Teacher Training Faculty of Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004, Email: aluswah.pai@uin-suska.ac.id

 

Creative Commons License

AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.