Corak dan Pengaruh Tasawuf Al-Ghazali Dalam Islam

Syofrianisda Syofrianisda, M Arrafie Abduh

Abstract


Salah seorang tokoh cendekiawan muslim yang berhasil mengkompromikan dan mengintegrasikan antara tasawuf dengan syari’at menjadi konstruksi yang sangat memuaskan kalangan syar’i dan kalangan sufi adalah Imam al-Ghazali (1058-1111), melalui karya monumentalnya Ihyā’ Ulūm al-Dīn menawarkan sufisme yang dinamis dan kreatif dengan melihat kehidupan sebagai proses untuk mencapai penyempurnaan diri yang harus dilalui melalui aktivitas yang kreatif. Kitab Ihyā’ Ulūm al-Dīn mendapat sambutan antusias dari kalangan Islam, karena al- Ghazali mengelaborasi tasawuf dalam al-Qur’an dan Sunnah, sehingga Mir Valiuddin menulis disertasinya, The Qur`anic Sufism (Sufisme dalam al-Qur`an). Ia menyuguhkan konsep cinta (mahabbah), tauhīd (monoteisme), makhafah (takut) dan ma’rifah (pengetahuan). Di antara tokoh sufi terbesar yang terpengaruh oleh al-Ghazali ialah Muhyiddin Ibn Arabi (1165-1240) tentang perwujudan Tuhan secara keseluruhan alam nyata dan alam ghaib, kemudian al- Sya’rani (w.973/1585) salah seorang pengikut tarekat Syadziliyah (didirikan oleh al-Syadzili, w.656/1258) tentang akhlak bahwa hidup yang baik terletak pada pengabdian terhadap orang lain. Di samping itu, karya-karya al-Ghazali juga mempengaruhi penulis Kristen terbesar pada abad pertengahan, yaitu St. Thomas Aquinas (1225-1274) tentang konsep Beatic Vision. Penulis generasi Kristen selanjutnya yang dapat dijumpai adanya dampak al-Ghazali adalah mistikus Perancis Pascal (1623-1662) tentang intuisi, yaitu hanya hati yang sadar akan Tuhan dan dapat memperoleh pengalaman langsung tentang Tuhan, bukan pikiran.

Keywords


Pengaruh; tasawuf; al-Ghazali; Islam; dan Kristen

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Dahlan, Tasawuf Sunni dan Tasawuf Falsafi, Tinjauan Filosofis, dalam jurnal Ulum al-Qur’an No. 8 Vol. II, 1991

al-Qardhawi. Yusuf, al-Imam al-Ghazali Baina Madihiyah Wa Naqidiyah, Mesir: Dar al-Wiffa, 1992

Amin Abd Allah, Studi Agama; Normativitas atau Historisitas, Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 1996

Baidan. Nashiruddin,Rekonstruksi Ilmu Tafsir, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Prima Yasa, 2000

Chatib Quzwain, al-Ghazali dan Tasawuf, kumpulan makalah simposium tentang al-Ghazali

Departemen Agama RI, Ensiklopedi Islam, Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 1994

Gusmian. Islah, Khazanah Tafsir Indonesia (dari Hermeneutika hingga Ideologi), Jakarta, Teraju, 2003

Halim. Abdul Mahmud, Qadhiyah al-Tasawuf al-Munqidz min al-Dhalal, Kairo: Dar al- Ma’arif, 1985

Hanafi. Ahmad, Pengantar Filsafat Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1996

Jalal. Muhammad Syaraf dan Ali Abdul Muth’i Muhammad, al-Fikr al-Siyasi fi al-Islam, Kairo: Dar al-Jami’at, 1978

Karim. Abdul Usman, Sirah al-Ghazali, Damaskus: Dar al-Fikr, t.th

Madjid. Nurcholis, Kaki Langit Peradaban Islam, Jakarta: Paramadina, 1997

, Islam Kemordenan dan Keindonesiaan, Jakarta: Mizan, 1988

Muhammad Zurkani Jahja, Teologi Ghazali, “Pendekatan Metodologi”, Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 1996 Nasution. Harun, Filsafat dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1993

Nasution.Harun, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspek, Jakarta: UI Press, 1985

Simuh, Tasawuf Dan Perkembangannya Dalam Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996

Jaya Yahya, Spritualisasi Islam dalam Menumbuhkembangkan Kepribadian dan Kesehatan Mental, Jakarta: Ruhama, 1991

Zed. Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004

Zainudin dkk.Seluk-Beluk Pendidikan dari al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara, 1990




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jush.v25i1.2559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Jurnal Ushuluddin Indexed By:

     

Alamat Redaksi:

 Whatsapp (Direct Chat)

Fakultas Ushuluddin UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: jurnal.ushuluddin@uin-suska.ac.id

ejournal: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin



Lisensi Creative Commons
Jurnal Ushuluddin is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats