PENGGUNAAN METODE PENUGASAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN IPS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA

Didik Eko Prasetyo

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode penugasan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 017 Muara Bahan Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada mata pelajaran Matematika hanya 8 orang siswa yang tuntas dari 26 siswa pada data awal atau siswa yang tuntas hanya 30,76%, pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sudah meningkat yaitu 17 orang siswa dari 26 siswa atau sekitar 65,38% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas kembali menunjukkan peningkatan dari siklus I yaitu ada 22 siswa yang tuntas dari 26 siswa atau sekitar 84,61%. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hanya 11 orang siswa yang tuntas dari 26 siswa pada data awal atau siswa yang tuntas hanya 42,30%, pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sudah meningkat yaitu 18 orang siswa dari 26 siswa atau sekitar 69,23% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas kembali menunjukkan peningkatan dari siklus I yaitu ada 22 siswa yang tuntas dari 26 siswa atau sekitar 84,61%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode penugasan dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa

Keywords


Metode Penugasan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter