Analisis Strategi Pemasaran Pada Kerajinan Kerudung UD . Arryna Raya Pada Masa Pandemic Covid-19

Moh. Jufriyanto

Abstract


             UD. Arryna Raya merupakan salah satu usaha kerajinan kerudung yang ada di Kabupaten Gresik. UD. Arryna Raya memproduksi beberapa kerudung mulai dari kerudung untuk anak kecil hingga dewasa. Adanya wabah covid-19 memberikan dampak pada UD. Arryna dalam menjalankan bisnisnya. Dampak dari adanya wabah covid-19 ini pada penjualan kerudung yang menurun. terdapat penurunan yang signifikan dari bulan September hingga desember 2020. Pada penelitian bertujuan untuk melakukan analisis dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan pada masa pandemic covid-19. Pada penelitian ini, menggunakan kombinasi metode analisis SWOT dan analytical hierarchy process (AHP). Analisis SWOT digunakan untuk identifikasi fakor-faktor baik dari lingkungan internal dan eksternal melalui empat perspektif yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Analytical hierarchy process (AHP) digunakan untuk mementukan prioritas dari alternatif strategi pemasaran yang dihasilkan dari analisis swot. Dari hasil penelitian diperoleh terdapat tiga prioritas strategi pemasaran UD. Arryna Raya yang dapat dilakukan pada masa pandemic covid-19 yaitu strategi SO2 (Mempertahankan harga dan kualitas produk  serta melakukan pengembangan teknologi dalam penjualan kerudung), strategi SO1 (Mempertahankan ciri khas model kerudung dan melakukan peningkatan inovasi sesuai perkembangan trend kerudung), strategi ST2 (Mempertahankan  kualitas produk, menciptakan model dan motif baru serta menjamin mutu dari produk tersebut).

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R., Malik, E., Adan, L. M. H., & Dja, A. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Di Desa Wawoangi Kec. Sampoiawa Ditengah Pandemic Covid-19. Communnity Development, 2(1), 76–80.

Arifen, R. S., Purwanty, V. D., Suci, D. A., Agustiawan, R. H., & Sudrajat, A. R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 1–7.

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96.

Karinda, M. V. A., Mananeke, L., Roring, F., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT.Telkom Area Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1568–1577.

Munir, M. (2017). Pemilihan Supplier Sodium Hiroxide Liquid Integrasi Dengan Metode AHP – Topsis. Jurnal Teknik Industri, 17(2), 62–71.

Narto, N., & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54.

Pardiyono, R., & Nugrahati, S. (2020). Penentuan skala prioritas dalam strategi pemasaran produk merek pecandu coffee. Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(2), 23–33.

Permata, E. G., Kusumanto, I., Nur, M., & Sijabat, M. N. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Swot dan Analytical Hierarchy Process ( AHP ) untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI), 609–616.

Prakoso, A., & Negoro, N. (2017). Analisa Strategi Pemasaran Produk Kosmetik Wardah Dengan Pendekan SWOT-AHP (Analytic Hierarchy Process). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 62–67.

Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 224–240.

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategi Planning Matrix ( QSPM ). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.

Syaiful, F. F., & Elihami, E. (2020). Penerapan Analisis Swot Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kamsia Boba Milik Abdullah Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Edukasi Nonformal, 17, 343–359.

Tyas Krisning, S., & Chriswahyudi. (2017). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Matrik IE, SWOT dan AHP Untuk Mendapatkan Alternatif Strategi Prioritas. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, 1, 297–306.

Yeni, F., Erwin, G., & Ali, H. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada Pt.Federal Internasional Finance (Fif) Group Di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(1), 38–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v18i2.12782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sains, Teknologi dan Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php