User Profile

Pierce Huffman

Bio Statement Sebagai masyarakat Indonesia yang cinta kepada kebiasaan, karenanya diutamakan malah diwajibkan untuk mengenal berbagai adat istiadat yang ada, terutama seluruh sesuatu yang terkait dengan tradisionalitas. Hal ini disebabkan karena era kini kian terpengaruh dengan kebiasaan luar, sehingga betul-betul perlu untuk melestarikan apa yang telah menjadi budaya nenek moyang. Salah satu hal yang perlu dipahami adalah mengenai senjata tradisional di Indonesia. Bagi Anda masyarakat Sumatera Barat, karenanya Anda perlu mengetahu apa saja senjata yang ada di Sumatera Barat. Pertama, Kerambit, adalah senjata yang sungguh-sungguh popular karena serangannya yang demikian itu tajam saat dipakai. Ini yaitu sejenis pisau yang memiliki lengkungan siku di bilahnya.
DSC02104.jpg

Kedua ialah Karih, yaitu senjata tradisional Minang yang artinya keris. Keris ini mempunyai lekukan yang sedikit dan cenderung lebar, tak seperti keris pada lazimnya. Komponen hulu dari keris ini juga melengkung ke bawah. Di zaman dahulu, Karih atau keris ini banyak digunakan oleh kalangan penghulu kerajaan serta kalangan ningrat. Sekarang, keris ini sering kali dipakai sebagai aksesoris dan komplementer dari gaun pengantin pria yang orisinil Minang.

Ketiga adalah senjata Kalewang, ialah senjata yang menyerupai golok. Sekarang senjata ini kerap kali diaplikasikan untuk berjenis-jenis aktivitas bertani. Pada zaman dulu, Kalewang ini acap kali dipakai sebagai senjata yang paling utama untuk pasukan-pasukan perang Padri dari Kerajaan. Ini terjadi sekitar abad 19. https://asyraafahmadi.com/category/pengetahuan/senjata-tradisional/ , sehingga senjata ini masih konsisten eksis hingga saat ini. Senjata ini pun masih sering dipakai sebab banyak orang yang memanfaatkan kegunaan dari senjata ini.

Keempat yaitu Ruduih. Ruduih ini wujudnya benar-benar menyerupai Kelewang, adalah menyerupai pedang yang mana terdapat satu sisi yang cukup tajam. Bedanya, sisi tajam pada Ruduih ini cenderung berbentuk cembung, sedangkan Kelewang lurus. Inilah keistimewaan dari Ruduih, yaitu ketajamannya yang menimbulkan serangan yang mematikan lawan. Dulu senjata tradisional ini diterapkan oleh prajurit saat perang Manggopoh.

Kelima adalah Piarik, yakni senjata yang berbentuk tombak dan memiliki tiga sisi mata yang cukup tajam. Bagi masyarakat Sumatera Selatan, senjata ini disebut sebagai Trisula. Itulah lima senjata adat istiadat tradisional yang berasal dari Sumatera Barat. Sebagai masyarakat yang berbudaya, senjata ini perlu dijaga dan dilestarikan.