Strategi Menggambar untuk Meningkatkan Kemampuan Long-Term Memory dalam Menghafal Istilah dan Definisi

Fadhilla Najmi Qinthara, Annisa Nur Alifa, M. Rafif Iman, Inggar Ainayya Ghassani, Labibah Huwaida, Wilis Srisayekti, Rezki Ashriyana Sulistiobudi

Abstract


Salah satu topik penelitian mengenai memori yang banyak diteliti saat ini adalah tentang strategi menghafal. Berdasarkan penelitian sebelumnya, menggambar definisi membantu seseorang untuk menghafal definisi tersebut terutama jika dibandingkan dengan strategi yang umumnya digunakan untuk mencatat, yaitu menulis ulang secara verbatim. Penelitian ini penting untuk dilakukan mengingat bahwa mahasiswa membutuhkan strategi menghafal yang efektif untuk menghadapi tuntutan akademik dalam perkuliahan. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi menggambar terhadap memori terkait istilah dan definisi pada mahasiswa. Penelitian dilakukan kepada 30 mahasiswa dari populasi yang dipilih secara acak melalui desain eksperimen between-subject post tes only design. Hasil penelitian eksperimen menunjukkan bahwa menggambar lebih efektif dalam menghafal definisi apabila dibandingkan dengan menulis verbatim. Secara praktis, temuan ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi mahasiswa dalam menggunakan metode menggambar untuk memudahkan dalam menghafal definisi

References


Andrade, J. (2009). What does doodling do? Applied Cognitive Psychology, 24, 100-106.

Baddeley A. D., Eysenck M. W., Anderson M. C. (2009). Memory. New York: Psychology Press.

Baddeley, A. D. (2004). Memory and context. In R. L. Gregory (Ed.), The Oxford companion to the mind (2nd ed.). Ney York: Oxford University Press.

Baddeley, A. D. (2007). Working Memory, thoght, and action. United Kingdom: Oxford University Press.

Christensen, L. B. (2007). Experimental Methodology (10tn ed.). USA: Pearson.

Craik, F. I. M., Lockhart R. S. . (1972). Levels of processing: A framework for memory research. Journal of Verbal Learning and Verbal Behavior,, 11, 671–684.

D. Bui, M. McDaniel. (2015). Enhancing learning during lecture note-taking using outlines and illustrative diagrams. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 4(2), 129-135.

Einstein, G. O., & McDaniel, M. A. (2004). Memory fitness: A guide for successful aging. New Haven, CT: Yale University Press.

Fernandes, M. A., Wammes, J. D., & Meade, M. E. (2018). The surprisingly powerful influence of drawing on memory. Current Directions in Psychological Science, 27(5), 302-308.

Ganis, G., Thompson, W. L., & Kosslyn, S. M. (2009). Visual mental imagery: More than ‘‘seeing with the mind’s eye.’’ In J. R. Brockmole (Ed.). The visual world in memory, 211–249.

Horwitz, S. M. (2017). "Is Note-Taking More Effective with a Keyboard or a Pen?". Retrieved from https://scholar.colorado.edu/honr_theses/1369

Kosslyn, S. M., Ganis, G., & Thompson, W. L. (2010). Multimodal images in the brain. In A. Guillot & C. Collet (Eds.). The neurophysiological foundations of mental and motor imagery, pp. 3–16.

Longcamp, M., Boucard, C., Gilhodes, J., Anton, J., Roth, M., Nazarian, B., & Velay, J. (2008). Learning through Hand- or Typewriting Influences Visual Recognition of New Graphic Shapes: Behavioral and Functional Imaging Evidence. Journal Of Cognitive Neuroscience, 20(5), 802-815. doi:10.1162/jocn.2008.20504

Lotze, M., Erhard, K., Neumann, N., Eickhoff, S., & Langner, R. (2014). Neural correlates of verbal creativity: differences in resting-state functional connectivity associated with expertise in creative writing. Frontiers In Human Neuroscience, 8. doi:10.3389/fnhum.2014.00516

Matlin, M. W. (2013). Cognition (8th Ed). Wiley.

Mueller, P. A., & Oppenheimer, D. M. (2014). The pen is mightier than the keyboard: Advantages of longhand over laptop note taking. . Psychological science, 25(6), 1159-1168.

Nelson, D. L. (1979). Remembering picturesand words: Appearance, significance, and name. In L. S. Cermak & F. I. M. Craik (Eds.),. Levels of processing in human memory, 45-76.

Paivio, A., & Csapo, K. (1973). Picture superiority in free recall: Imagery or dual coding?. Cognitive Psychology, 5, 176–206.

Polit, D., & Beck, C.T. (2006). The Content Validity Index: Are You Sure You Know What’s Being Reported? Critique and Recommendations. Research in Nursing & Health, 29, 489–497.

Reed, S. K. (2010). Thinking visually. New York: Psychology Press.

Roediger, H. L., III, & Guynn, M. J. (1996). Retrieval processes. In E. L. Bjork & R. A. Bjork (Eds.). Memory, 197–236.

Sari, R. R. (2018). Mnemonik Sebagai Alternatif dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 30-50.

Saylor Academy. (n.d.). Introduction to Psychology. Retrieved from https://courses.edx.org/c4x/SMES/PSYCH101x/asset/Introduction_to_Psychology-Ch._8.pdf

Schwartz, B. L. (2011). Memory: Foundations and applications. Thousand Oaks, CA: Sage.

Sumrall, W., Sumrall, R. & Doss, A. D. (2016). A Review of Memory Theory. International Journal of Humanities and Social Science, 6(1).

Van Meter, P., & Garner, J. (2005). The promise and practice of learner-generated drawing: Literature review and synthesis. Educational Psychology Review, 17, 285–325.

Wammes, J. D., Meade, M. E., & Fernandes, M. A. (2018). Creating a recollection-based memory through drawing. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, 44(5), 734.

Wammes, J. D.-1. (2017). Learning terms and definitions: Drawing and the role of elaborative encoding. Acta psychologica, 179, 104-113.

Weldon, M. S., Roediger, H. L., & Challis, B. H. (1989). The properties of retrieval cues constrain the picture superiority effect. Memory & Cognition, 17(1), 95-105.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v16i1.9435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.