Hubungan Self Efficacy Dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Rio Al Al-azhar, Hijriyati Cucuani

Abstract


Banyak kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa dalam proses penyelsaian skripsi. Kendala-kendala tersebut sering menyebabkan menurunnya motivasi mahasiswa dalam menyelesaikannya. Rendahnya ditengarai sering munculnya pada mahasiswa yang memiliki self-efficacy yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self efficacy dengan mlotivasi menyelesaikan skripsi mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. motivasi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi Pengambilan data kedua variabel menggunakan dua skala  self efficacy dan skala motivasi menyelesaikan skripsi. Uji validitas masing-masing variabel menggunakan teknik product moment dengan koefisien korelasi yang berkisar 0,351-0,723 untk skala self efficacy dan 0, 321-0,775 untuk skala motivasi menyelesaikan skripsi. Hasil reliabilitas menggunakan alpha Cronbach didapatkan hasil sebesar 0,933, untuk skala self efficacy  dan 0,954 untk skala motivasi. Dengan demikian kedua alat ukur tersebut valid dan reliable. Berdasarkan hasil analsiisi data, maka dipeolrh koefisien korelasi sebesar 0,411 dengan taraf signifikan 0,000. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan signifikan antara self efficacy dengan motivasi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Koefisien determinasi (Rsq) diperoleh 0,169, artunya sumbangan self efficacy terhadap motivasi mahasiswa dalam mengerjakan skrips sebesar 16,9%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v7i1.5446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.