Memotivasi Siswa Menghafal Surat Pendek Al-Qur’an Melalui “Mystery Motivator”

Eka Fitriyani, Indah Puji Ratnani

Abstract


Pada kenyataannya masih banyak siswa sekolah dasar yang belum mampu menghafal surat-surat pedek Al-Qur’an Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang tepat.Ada strategi pemberian reward dengan format acak melalui penyajian yang menarik disebut Mystery Motivator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Mystery Motivator untuk meningkatkan motivasi siswa dalam menghafal surat pendek Al-Qur’an pada mata pelajaran Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design, yang terdiri dari 55 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Mystery Motivator dapat meningkatkan motivasi siswa dalam menghafal surat pendek Al-Qur’an pada mata pelajaran Agama Islam. Hasil analisis uji perbedaan gain pre-test – post-test score pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa terdapat selisih rata-rata sebesar 4,585 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05), artinya siswa yang mendapatkan penerapan Mystery Motivator selama pelajaran Agama Islam mengalami peningkatan motivasinya menghafal surat pendek Al-Qur’an, dimana siswa yang mendapatkan mystery motivator mengalami peningkatan motivasi yang signifikan dalam menghafal surat pendek Al-Qur’an dibandingkan dengan siswa yang tidak mendapatkan Mystery Motivator.

Kata kunci: mystery motivator, motivasi, menghafal surat pendek al-qur’an, agama Islam


References


Arikunto, S., (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta; Penerbit Rineka Cipta

Ahmadi, A & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar .Jakarta: Rineka Cipta.

Alfi, M.Y. (2002).Sebuah pendekatan linguistik terapan untuk meningkat kan penghafalan AL-Qur’an suci: Saran untuk merancang kegiatan praktek untuk belajar dan mengajar. Riyadh: Jurnal Pendidikan Universitas King Saud, Riyadh, Arab Saudi.

Ali, M. D. (2008). Pendidikan agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Al-Munawar, Said. A.H. (2002). Al-Qur’an membangun tradisi kesaleha hakiki. Jakarta: Ciputat.

Bryan, T. & Burstein, K., (2004). Improving homework completion and academic performance: Lessons from special education. Theory Into Practice College of Education, Vol. 43 (3). 213-219.

Crow, L. D. & Crow, A. (1982). Psikologi pendidikan. Alih bahasa: Kasijan.

Surabaya : Bina Ilmu.

Davis, K. D., Winsler, A., & Middleton, M.

(2006). Students perception of reward

for academic performance by parents

and teachers: Relations with

achievement and motivation in

college. The Journal of Genetic

Psychology, Vol. 167 (2). 211-220.

Depdiknas, Puskur Balitbang. (2003). Standar

kompetensi pendidikan agama islam

SD dan MI. Jakarta: Puskur Balitbang

Depdiknas.

Elliot, S.N., Kratochwill, J.L.F., Littlefield, J.,

& Travers, J.F. (1996). Effective

Teaching Educational Psychology.

Effective Learning. Second Edition.

Madison: Psychology Series Brown &

Benchmark Publisher.

Emmer, E. T. et al. (2000). Classroom

management for successful teachers

(4th ed.) Boston : Allyn & Bacon.

Fathurrohman, A.M. (2012). Cara mudah

menghafal Al-Qur’an dalam satu

tahun. Yogyakarta: Elmatera.

Friman, P. C., & Carlyon, W.D., (1999). The

Effect Of Token Rewards On “Intrinsic”

Motivation For Doing Math. Journal Of

Applied Behavior Analysis. Vol. 32

(3), 375-379.

Guildford, J. P. (1959). Personality. New York:

Mc Graw Hill Book Company.

Hadi, S. (1991). Metodol ripsi, tesis, dan

desertasi. Yogyakarta. Andi.

Herdiansyah, M. Y & Afrianto, I. (2013).

Pembangunan aplikasi bantu dalam

menghafal Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah

Komputa, Vol.2. No.2.

Hurlock, E. B. (2000). Psikologi perkem-

bangan. Jakarta: Erlangga.

Maag, J.W. (2001). Powerful struggles:

Managing resistance, building rapport.

Longmont, CO: Sopris West.

McCombs, B. L. (2001). What do we know

about learners and learning? The

learner-centered framework. Paper

Presented at the Meeting of the

American Educational Research

Assosiation, Seattle.

Murphy, K. A. et al. (2007). Interdependent

group contingency and mystery

motivators to reduce preschool

disruptive behavior.Psychology in the

Schools. Vol. 44.53-63.

Nadhifah. (2006). Cara cepat menghafal

Al-qur’an bagi siswa. Jurnal

Pendidikan islami. Vol. 15.

Nawawi, R.S. (2011). Kepribadian Qur’an.

Penterjemah: Lihhiati. Jakarta: Imprint

Bumi Aksara.

Ormrod, J. E. (2003). Educational

psychology; Developing learners.

Ohio: Prentice Hall.

Purna, R.S. (2009). Mystery motivator untuk

meningkatkan motivasi siswa dalam

menyelesaikan pekerjaan rumah (PR)

pada mata pelajaran matematika.

Thesis: UGM- Yogyakarta.

Rauf, A.A.A. (2004). Kiat sukses menjadi

hafidz Qur’an daiyah: Sarat dengan

penanaman motivasi, pejelasan teknis

dan pemecahan masalah. Bandung:

Syamil Cipta Media.Riyadh, S.

(2007). Mengajarkan Al-Qur’an pada anak, panduan bagi guru, TPA,

orangtua dan pendidik. Surakarta:

Ziyad Visi Media.

Robinson, K.E & Sheridan, S. M. (2000).

Using the mystery motivator to

improve child bedtime compliance.

Child & Family Behavior Therapy.

Vol. 22, 29-49.

Santrock, John, W., (2007). Psikologi

pendidikan. University of Texas at

Dallas. Kencana.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan

motivasi belajar mengajar. Jakarta:

Rajawali Pers.

Schunk, D. H. (2002). Learning theories:

An educational perspective (3rd ed.).

Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Shaughnessy, J.J., Zechmeister, E.B., &

Zechmeister, J.S. (2007). Metodologi

penelitian psikologi (Terjemahan).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stipek, D.J. (2002). Motivation to learn (4th

ed.) Boston : Allyn & Bacon.

Suryabrata, Sumadi. (1993). Psikologi

pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Syah, M. (2004). Psikologi belajar. Jakarta.

PT RajaGrafindo Persada.

Tabrani, R. (2008). Pendekatan dalam proses

belajar mengajar. Bandung: Remaja

karya.

Uno, H. B., (2007). Teori motivasi dan

pengukurannya.Jakarta. Bumi Aksara.

Zawawie, M. (2011). Pedoman membaca,

mendengar, dan menghafal Al-Qur’an.

Solo: Tinta Medina




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v12i1.3005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.