Perbedaan Kecerdasan Interpersonal Pada Remaja dengan Orangtua Lengkap dan Tidak Lengkap

Dewi Yarni, Yuliana Intan Lestari

Abstract


Kecerdasan interpersonal adalah kecerdasan yang meliputi kemampuan untuk mengenali dan membuat perbedaan antara perasaan, kepercayaan, keinginan orang lain, mampu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, dan mempertahankan relasi yang telah dibangun. Setiap remaja memiliki latar belakang keluarga yang berbeda, ada remaja yang memiliki orangtua lengkap dan tidak lengkap. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat perbedaan kecerdasan interpersonal pada remaja yang memiliki orangtua lengkap dengan dan tidak lengkap, dan mengetahui bagaimana kecerdasan interpersonal yang memiliki orangtua lengkap dengan yang tidak lengkap. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di Kecamatan Sungai Batang berjumlah 185 subjek yang terdiri dari 100 remaja yang memiliki orangtua lengkap dan 85 remaja yang memiliki orangtua tidak lengkap. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan yaitu Independen Sampel T-Tes. Pada hasil uji hipotesis diketahui uji t hitung sebesar 6,394 dan nilai signifikansinya sebesar 0,000. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal pada remaja yang memiliki orangtua lengkap dan tidak lengkap. Kata kunci: kecerdasan interpersonal, remaja orangtua lengkap dengan remaja orangtua tidak lengkap

References


Amsrong. (2002), Setiap Anak Cerdas:

Panduan Membantu anak Belajar

Dengan Memanfaatkan Multiple

Intelligencesnya, ter, Rina Buntara,

Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Anderson, M. (1999). The Development Of

Intelligence. Uk. Psychological Pers.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian,

Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta.

PT Renika Cipta.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian,

Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta.

PT Rineka Cipta.

A Rozali, Yuli. (2015). Kecerdasan Interper-

sonal Remaja Ditinjau Dari Penerapan

Pola Asuh Orangtua. Psycholog,

Forum UMM ISBN: 978-979-976-324-

, Universitas Esa Unggul. Jakarta.

Azwar, S. (2009). Reliabilitas dan Validitas.

Yogyakarta: PustakaPelajar.

-------. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

---------. (2012). Penyusunan Skala Psikologi.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

A’yuni,Quratul (2010). Perbedaan Tingkat

arsetivitas antara Siswa dari Keluarga

Lengkap dengan Siswa dari

Keluarga Single Parent di SMK Negeri

Pakong Pamekasan Madura.

Universitas Islam Negeri Maualana

Malik Ibrahim, Malang.

Budi Dwi L (2010). Agresifitas Remaja yang

Memiliki Orang Tua Tunggal (Single

Parent) Wanita. Universitas

Gunadarma.

Dagun, S (2002). Psikologi Keluarga.

Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Gowi, Abdul. (2011). Pengaruh latihan asertif

terhadap perilaku kekerasan orang

tua pada anak usia sekolah di

kelurahan tanjung pura kabupaten

karawang. Depok : Tesis Psikologi UI.

Gozali. (2011). Kecerdasan Intrapersonal

Menurut Para Ahli.http://gozali

gunadarma. blogspot.com/2011/11/

pengertian-kecerdasan-interpersonal.

html. Jum’at 24 Mei 2013 10:30.

Isnaini Ismi M, (2013). Perbedaan Harga

Diri (Self Esteem) Remaja Ditinjau

Dari Keberadaan Ayah. Jurnal

Psikologi, Vol 9 No 2

Kiftirul, Aziz,Dkk, (2010). Hubungan Antara

Kecerdasan Interpersonal, Berpikir

Kreatif, dan hasil Menulis Siswa kelas V SD Negeri di Kabupaten Kebumen.

UniversitasNegeri Sebelas Maret.

Misbach, I, H. (2010).Dahsyatnya Sidik

Jari, Jakarta: Visimedia.

Muniroh, MS. (2010). Pengembangan

Kecerdasan Interpersonal Anak.

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri:

Artikel. Pekalongan.

Purnama Ayu S. (2007). Hubungan Antara

Kecerdasan Interpersonal Remaja

Dengan Efektivitas Komunikasi Pada

Orangtua Pada Mahasiswa Fakultas

Psikologi Angkatan 2004-2006

Universitas Islam Negeri (UIN)

Malang. Malang, Skripsi. Fakultas

Psikologi Universitas Islam Negeri

(UIN) Malang.

Safaria.(2005). Interpersonal Intelligence.

Yogyakarta: Amara Books.

Sugiyono. (1994). Statistika Untuk Penelitian.

Bandung: CV. Alfabeta

Yusuf, S. (2011). Psikologi Remaja;

Perkembangan Peserta Didik.

Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v12i1.3004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Simpang Baru Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id 

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.