Perbedaan Kompetensi Sosial Anak Berdasarkan Tipe Pendidikan Prasekolah

Ricca Angreini M, Endang Ekowarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran tipe pendidikan prasekolah dalam kompetensi sosial anak. Dua hipotesis diajukan untuk menguji perbedaan kompetensi sosial anak dengan tipe pendidikan prasekolah penuh waktu dan paruh waktu. Subjek penelitian ini adalah 209 orang anak usia lima sampai dengan enam tahun yang mengikuti salah satu tipe pendidikan prasekolah (paruh waktu atau penuh waktu) yang berasal dari enam Taman Kanak-kanak di Yogyakarta (Budi Mulia I Kaliurang, Primagama Kaliurang, ABA Purwodiningratan, Nurul Islam Ringroad Barat, BIAS Kaliurang, dan Budi Mulia Dua Seturan). Data penelitian diperoleh dengan menggunaka skala kompetensi sosial, kuesioner keluarga dan dokumentasi sekolah. Skala kompetensi sosial dinilai oleh guru kelas dengan menggunakan teknik interrater. Jumlah item pada skala kompetensi sosial adalah 30 item. Setelah uji coba terdapat 4 item yang gugur. Daya beda item berkisar dari 0,303-0,581 dengan angka reliabilitas 0,890. Sedangkan nilai reliabilitas antar rater berkisar antara 0,867-0,998. Hasil ANCOVA, diperoleh kesimpulan hasil penelitian bahwa: (1) ada perbedaan kompetensi sosial anak dengan tipe pendidikan prasekolah paruh waktu dan penuh waktu. Kompetensi sosial anak dengan tipe pendidikan prasekolah penuh waktu lebih tinggi daripada kompetensi sosial anak dengan tipe pendidikan prasekolah paruh waktu (F = 21,612; p = 0,000). (2) tidak ada korelasi antara kompetensi sosial anak yang berusia lima tahun sampai dengan enam tahun (F = 1,781; p = 0,184).

Keywords


kompetensi sosial, tipe prasekolah

Full Text:

PDF

References


Chen, X., Li, D., Li, Z., Li, B., & Liu, M. (2000). Sociable and prosocial dimensions of social competence in chinese children: Common and unique contributions to social, academic, and psychological adjustment. Developmental Psychology, 36, 302-314.

Cryan, J.R., Sheehan, R., Wiechel, J., & Bandy-Hedden, I.G. (1992). Success outcomes of full day kindergarten: More positive behavior and increased achievement in the years after. Early Childhood Research Quarterly. 7, 187-203.

Dodge, D. T., Colker, L. J., & Heroman, C. (2002). The creative curriculum for preschool. Fourth Edition. Washington DC: Teaching Strategies inc.

Elicker, J. & Marthur, S. (1997). What do they do all day? Comprehensive evaluation of a full-day kindegarten. Early Childhood Research Quarterly, 12, 459-480.

Hussong, A. M., Zucker, R. A & Wong, M.M., Fitzgerald, H. E., Puttler, L. I. (2005). Social competence in children of alchoholic parents over time. Developmental Psychology, 5, 747-759.

Santrock, J. W. 2002. Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup) Edisi Kelima. Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lowry. P. (1993). Privacy in the preschool environment: Gender differences in reaction to crowding. Children's Environments, 10, 46-61.

McCartney, K., & Philips, D. (2006). Blackwell handbook of early childhood development. Blackwell Publishing.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development. Perkembangan manusia. Edisi kesepuluh. Terjemahan. Jakarta: Salemba Humanika.

Pedoman Orangtua/Wali murid. (2009-2010). Taman Kanak-kanak Budi Mulia Dua Seturan. Yogyakarta.

Plucker, J. A., Eaton, J. J., Rapp, K. E., Lim, W., Nowak, J., Hansen, J. A., & Bartleson, A. (2004). The effects of full day versus half day kindergarten: Review and analysis of national and indiana data. Indiana Association of Public School Superintendents.

Plucker, J. A., & Zapf, J. S., (2005).Short-lived gains or enduring benefits? The long-term impact of full-day kindergarten. Center for evaluation & education policy.3.

Rose-Krasnor, L., Rubin, K. H., Booth, C. L., & Coplan, R. (1996). The Relation of Maternal Directiveness to Social Competence in Preschoolers. International Journal of Behavioural Development, 19, 309-325.

Van Hecke, A. V., Mundy, P. C., Acra, C. F., Block, J. J., Delgado, C. E. F., Parlade, M. V., Meyer. J. A., Neal A. R., & Pomares, Y. B. (2007). Infant join attention, temperament, and social competence in preschool. Child Development. 78, 53-69.

Vaughn, B. E., Azria, M. R., Caya, L. R., Newell, W., Krzysik, L., Bost, K.K., & Kazura, K.L. (2000). Friendship and social competence in a sample of preschool children attending head start. Developmental Psychology, 36.

http://mataharieducare.wordpress.com. Definisi pendidikan anak usia dini (PAUD) menurut wikipedia. (2009). Tanggal akses: 15 juli 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


DAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Simpang Baru Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293 HP. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.