Efektivitas Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Psikologi Eksperimen Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Hijriyati Cucuani, Linda Aryani, Anggia Kargenti Evanurul Marettih, Ahyani Radhiani Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Psikologi Eksperimen pada mahasiswa Fakultas PsikologiUIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes prestasi belajar Psikologi Eksperimen dan SPM. Teknik analisa data yang digunakan adalah one-way anova. Hasil analisa data menunjukkan terdapat pengaruh metode pembelajaran dengan prestasi belajar Psikologi Eksperimen pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska, yang ditunjukkan dengan F sebesar 10.759, p= 0.000 (p<0.05). Dari tiga metode pembelajaran yang diberikan (ceramah, diskusi, belajar mandiri), berdasarkan gain score perbandingan skor pretest dan posttest dapat dilihat bahwa metoda Diskusi adalah yang paling efektif meningkatkan prestasi belajar Psikologi Eksperimen pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.

Keywords


metode pembelajaran, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Alipandie, I, 1984, Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya : Usaha Nasional.

Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B.N. (2005). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Bastian, A.R. (2002). Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Latipun, 1996. Psikologi Eksperimen. Melang: UMM Press

Roestiyah, (1989), Didaktik Metodik, PT. Bina Aksara, Jakarta.

Seniati, Yulianto, Setiadi, 2005. Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT. Indeks

Shobur, Alex, 2004. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Stenberg, R.J., Swerling L.S., 1996. Teaching for Thinking. Washington: American Psychological Association.

Sudjana, Nana, 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto, B. 1997. Proses belajar mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Syah Muhibbin, (2002). Psikologi pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tri Hendardi, Cornelius, 2005. Step by Step SPSS 13 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Tarmudji, T. 1994. Metode Dan Media penyajian Materi. Yogyakarta : Liberty.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v8i2.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Simpang Baru Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id 

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.