Hubungan Pengetahuan Mengenai Pemanasan Global, Tingkat Pendidikan, Masa Kerja Dan Pengalaman Pelatihan Dalam Membentuk Sikap Positif Sopir Kantor Dan Sopir Taksi Terhadap Isu Pencegahan Pemanasan Global

Adfadia Mera, Supra Wimbarti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah memberi masukan dan pengetahuan mengenai pemanasan global, tingkat pendidikan, masa kerja dan pengalaman pelatihan dalam membentuk sikap positif sopir terhadap isu pencegahan pemanasan global. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 96 orang. Hasil penelitian menunjukkan, pertama ada hubungan pengetahuan mengenai pemanasan global dalam membentuk sikap positif sopir kantor terhadap isu pencegahan pemanasan global dengan nilai p=0.026 dan R2 = 0.047. sumbungan pengetahuan mengenai pemanasan global sebesar 4,7% dalam membentuk sikap positif sopir terhadap isu pencegahan pemanasan global. Kedua tidak ada hubungan tingkat pendidikan dalam membentuk sikap positif sopir terhadap isu pencegahan pemanasan global dengan nilai p=0.067. Ketiga tidak ada hubungan masa kerja dalam membentuk sikap positif sopir terhadap isu pencegahan pemanasan global dengan nilai p=0.752. Keempat tidak ada hubungan pengalaman pelatihan dalam membentuk sikap positif sopir terhadap isu pencegahan pemanasan global dengan nilai p=0.083. Kelima tidak ada beda sikap sopir dengan nilai p=0.621.

Keywords


pengetahuan, tingkat pendidikan, masa kerja, pengalaman pelatihan dan sikap

References


Agus, R & Rudy, S. (2008). Global Warming: Mengancam Keselamatan Planet Bumi.Blog: hiduplebihmulia. wordpress. com 24 April 2008

Ajzen, I. (2005). Attitude, Personality and Behavior.New York: Open University Press

Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press

Chaplin, J.P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Harahap, J & Andayani. L. S (2004). Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa dalam Menanggulangi HIV di Universitas Sumatra Utara. Tesis. Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Indriana, Y. (2004). Kepuasan Hidup Orang Lanjut Usia dalam Hubungannya Dengan Jenis Aktivitas, Jenis Kelamin, Religiusitas, Status Perkawinan, Tingkat Kemandirian, Tingkat Pendidikan dan Daerah Tempat Tinggal. Jurnal Psikologi, 1(1), 1-13.

Nopriadi.(2008). Global Warming, Kapitalisme dan Islam. Artikel. Diunduh dari www.multiply.com tanggal 15 April 2008

Rini, I. R. S. (2005). Pengaruh Pemberian Pengetahuan Teknik Mega Skill terhadap Sikap Orang Tua dalam Kaitannya Dengan Cara Mengem-bangkan Keterampilan Psikologis Anak. Jurnal Psikologi UNDIP, 2(2), 41-59.

Sadler, T. D & Klosterman, M. L. (2008). Exploring The Sociopolitical Dimensions of Global Warming. Journal of Research in Science Teaching, 45 (4), 9-12.

Sikular, A.F. (1976). Personnel administration and Human Resources Management. New York: John Wiley & Sons

Subawa, N. S & Budiarta, I. B. A. (2000). Analisis Perbedaan Prestasi Kerja Terhadap Tingkat Pendidikan dan Masa Kerja di The Losari Hotel dan Rama Garden Hotel Kota Bandung. Tesis. Bandung: UNPAD

WALHI.(2007). Pemanasan Global. Artikel. Diakses dari www.walhi.or.id. 12 November 2007.

WWF-Indonesia.(2007). Tanya Jawab Pemanasan Global dan Perubahan Iklim. Jakarta. Diakses dari www.wwf.or.id./climate 24 Maret 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v8i2.187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Simpang Baru Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.