Pemaafan dan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Siswa Korban Bullying
Abstract
Perilaku bullying merupakan salah satu masalah dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemaafan dengan kecenderungan perilaku bullying pada siswa korban bullying. Metode pengumpulan data menggunakan dua kusioner yaitu: skala pemaafan, dan kecenderungan perilaku bullying.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang terdeteksi sebagai korban bullying di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru berjumlah 45 siswa yang terdiri dari 38 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara pemaafan dengan kecenderungan perilaku bullying pada siswa korban bullying artinya semakin tinggi pemaafan maka semakin rendah kecenderungan perilaku bullying pada siswa korban bullying. Implikasi hasil penelitian dibahas dalam artikel ini.
Kata Kunci : korban bullying, pemaafan, kecenderungan perilaku bullying
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmed, E. & Braithwaite, V. (2006). Forgiveness, Reconciliation, and Shame:Three Key Variables in Reducing School Bullying. Journal of Social Issues, 62 2, 347-370.
Alwisol. (2010). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Astuti, P.R. (2008). Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Mengatasi K.P.A. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Azwar S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar Offset.
Coloroso, B. (2007). Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak
dari Prasekolah hingga SMU. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.
Egan, L. A & Todorov, N. (2009). Forgiveness As a Coping Strategy to Allow School Students to Deal with The Effect of Being Bullied: Theoritical and Empirical discussion. Journal of Social and Clinical Psychology. 28. 198-222.
ILO. (2011). Panduan Pelayanan Bimbingan Karir. Jakarta: International Labour Office.
McCullough, M.E. (2000). Forgiveness as Human Strenght: Theory,
Measurement, and Link to Wellbeing. Journal of Social and Clinical
Psychology, 19, 43-55.
Olweus, Dan. (1995). Bullying or Peer Abuse at School: Fact and Intervention. Massachusets: Blackwell Publisher.
Rigby, K. (1995). Preventing Peer Victimisation in Schools. In C. Sumner, M. Israel, M. O’Connell & R.Sarre International Victimology: Selected papers from the Eighth International Conference on Victimisation, Canberra, Australian Institute of Criminology, pp 303-311.
Sintha V.P., & Fuad N., (2011). Kecerdasan Spiritual dan Kecenderungan Bullying pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Psikologi, 7, 2, 14-22.
Stein, J.A., Dukes, L.R., & Warren, I.J. (2006). Adolescent Male Bullies, Victims, and Bully-Victims: A Comparison of Psychosocial and Behavioral Characterics. Journal of Pediatric Psychology Advance Access. 1-10.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wiyani, N.A. (2012). Save Our Children from School Bullying. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Worthington Jr, Everett L. (1998). Dimension of Forgiveness. Amerika Serikat: Templeton Foundation Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v11i1.1556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi
Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.