Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi

Indah Haryani, Jhon Herwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas dan kontrol diri dengan
perilaku konsumtif terhadap produk kosmetik pada mahasiswi jurusan akuntansi program studi S1 UIN Suska Riau. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan antara konformitas dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap produk kosmetik pada mahasiswi jurusan akuntansi program studi S1 UIN Suska Riau. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi jurusan akuntansi program studi S1 berjumlah 120 orang. Pengumpulan data menggunakan skala konformitas, skala kontrol diri dan skala perilaku konsumtif terhadap produk kosmetik. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara konformitas dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi jurusan akuntansi program studi S1 UIN Suska Riau, dengan koefisien korelasi R= 0,539, F= 23,994 dan p= 0,000(p<0,05). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa konformitas dan kontrol diri memiliki adjusted R squared sebesar 27,9% terhadap perilaku konsumtif dan sisanya sebesar 72,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: konformitas, kontrol diri, perilaku konsumtif


References


Agung, I., M. (2013). Modul Praktikum SPSS. Pekanbaru: Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.

Ali, M dan Asrori, M. (2011). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

__________. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Artledia, Sihotang. (2009). Hubungan antara Konformitas terhadap Kelompok Teman Sebaya dengan Pembelian Impulsif Pada Remaja. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Azwar, S. (2009). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

______. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

______. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. Cetakan IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R.A., dan Bryne, D. (2005). Psikologi Sosial Jilid 2 (Penerjemah: Djuwita, R. dkk). Jakarta: Erlangga.

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Chaplin. JP. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Grafindo Persada.

Davidoff L, Linda. (1991). Psikologi Suatu Pengantar Edisi Kedua. Alih Bahasa F.X. Juniati, Mari. Jakarta: Erlangga.

Desmita. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosda.

Depdikinas. Pengertian Mahasiswa.http://defenisi pengertian. com/2011/pengertian-mahsiswa/. Artikel. di akses tanggal 18 Juni 2014.

Dona. (2013). Detik Com. Jakarta : 14 Agustus 2013 (diakses pada tanggal 3 Desember 2013).

Ghufron, M. N., dan Risnawati. R. (2011). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Hartono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Pekanbaru: Pustaka Pelajar.

Heni, S. A. (2013). Hubungan SMA IT antara Kontrol Diri dan Syukur dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja

Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal Psikologi.

Kartono, Kartini. (2000). Mental Hygiene. Bandung: Mandar Maju

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi Sebelas Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Mangkunegara, A. P. (2009). Perilaku Konsumen. Bandung: PT Refika

Aditama.

Martha. Hartati, S. & Setyawan, I. (2007). Correlation Among Self-esteem With A Tendency Hedonist Lifestyle Of Students At Diponegoro University. Dari http://core.ac.uk/download/files/

/11723667.pdf.

Resstiani, S. A. (2010). Gejala Shopaholic Di Kalangan Mahasiswa. Skripsi. Bandung: Fakultas Desain Program Strata Satu Psikologi Universitas Komputer Indonesia.

Santrock, J. W. (2006). Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta:

Erlangga.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2005). Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Balai Pustaka.

Sears, D. O., Freedman, Jonathan. L., dan Peplau, L. Anne. (1991). Psikologi Sosial. Edisi Ke-5 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung. PT Alfabeta.

Utami, F. A., dan Sumaryono. (2008). Pembelian Impulsif Ditinjau Dari Kontrol Diri dan Jenis Kelamin Pada Remaja. Jurnal Psikologi Proyeksi. 3 :46-57.

Poerwadarminta, W. J. S. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia Ed. 3. Jakarta : Balai Pustaka.

Pratiknyo, J. (2008). Perilaku Konsumtif Terhadap Kosmetik Wajah Pada Mahasiswi Ditinjau Dari Konsep Diri dan Konformitas. Skripsi.

Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Tambunan, R. (2001). Remaja dan Perilaku Konsumtif. Artikel. http://www. scribd.com/doc/12007850/Remaja-Dan-Perilaku-Konsumtif, diakses tanggal26 April 2014.

Wardhani, M. D. (2009). Hubungan antara Konformitas dan Harga Diri dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri. Skripsi. Surakarta: Fakultas Kedokteran Progam Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret.

Wulansari, L. D. (2008). Perilaku Membeli Kosmetik Wajah Bermerek Terkenal Pada Mahasiswi Ditinjau Dari Harga Diri dan Gaya Hidup Mewah. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v11i1.1555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Simpang Baru Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.