Program Pelatihan Untuk Meningkatkan Primary Empathy Pada Konselor

Yuli Widiningsih, Hendriati Agustiani, Indun Lestari Setyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas dari intervensi berupa program pelatihan primary empathy terhadap peningkatan primary empathy pada konselor. Pelatihan dibuat dengan mengacu pada konsep teori primary empathy dari Veach, LeRoy& Bartels dan konsep teori konseling dari Brammer. Subjek Penelitiannya adalah konselor di TPBK Unpad, berjumlah 4 orang (1 laki-laki dan 3 perempuan). Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental, dengan rancangan one-group-pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kuantitatif dan kualitatif terjadi peningkatan primary empathy pada subjek penelitian. Dari delapan indikator yang digunakan untuk mengukur primary empathy, terdapat tiga indikator yang mengalami peningkatan paling besar yaitu pada perilaku mendengarkan tanpa penilaian, mendengarkan tanpa pengambilan keputusan dan mendengarkan tanpa memberikan nasehat. Sementara lima indikator yang lain yaitu kontak mata, diam, cara bicara, bahasa tubuh dan mendengarkan tanpa interupsi juga mengalami peningkatan, meskipun
tidak terlalu besar dibandingkan tiga indikator yang disebutkan sebelumnya.

Kata kunci : primary empathy, konselor


References


Amelia, EJ, (2006) Perancangan dan Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Dasar Wawancara pada Penyiar Stasiun Programa 2 di RRI Cabang Bandung, tesis, Fakultas Psikologi, Universitas Padjadjaran.

Barret-Lennard, GT, (1981), the Empathy Cycle Refinement of a Nuclear Concept, Rehabilitation Institute, Sourthern Ilinois University, Journal of Counseling Psychology, vol 28 No.2 91-100

Brammer, M Lawrence & MacDonald, Ginger,(2003).The Helping Relationship-Process and Skills, eigth edition, Pearson Education USA

Budiningsih, A, (2008) Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budaya, Rineka Cipta Jakarta Christensen, L. B., R. B. Johnson, Dkk. (2013). Research Methods, Design, And Analysis, Pearson. Cozby, P. C. (2005). Methods In Behavioral Research. New York, Mcgraww Hill.

Creswell, J. W. (2009). “Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approach.” Davis, (1983) Measuring Individual

Differencies in Empathy : Evidence for a Multidimentional Approach, Journal of Personality and Social Psychology, 44, 113-126

Graziano, Anthony. M, Raulin, Michael. L, (2000).Research Methods.A Process of Inquiry. Allyn & Bacon. A Pearson Education Company USA

Gunawan,P (2013) Principles of College Teaching, http : //lemjiantek.mil.id/article 343 Ciri-ciri Dosen Profesional.html

Jones, R. N, (1988). Practical Counselling and Helping Skill, second edition, NSW 220 Y, Australia

Kerlinger, F.N. (1986). Foundation of Behavioral Research, 3rd edition. Winston,Inc.

Nahartyo, E. (2012). Desain Dan Implementasi Riset Eksperimen. Yogyakarta, Upp Stim Ykpn.

Patricia, M; Veach, B.S; Le Roy, & Dianne. M.B,(2003), ebook. Facilitating the Genetic Counseling Process, A Practice Manual

Pfeiffer, J.W & John E.J, (1979). The 1979 Anual Handbook For Group Facilitator. California : Univercity Associates Inc.

Ponterotto, J. G., & Mathew, J.T(2013). The Value Of Mixed Methods Designs To Social Justice Research In Counseling And Psychology. Journal For Social Action In Counseling And Psychology 5(2).

Pradini, M. R, (2013), Hubungan Pelatihan Orientasi Masa Depan dengan Sikap Peserta terhadap Pengembangan Diri. Studi Korelasional mengenai Pelatihan Orientasi Masa Depan Mahasiswa Berprestasi oleh Tim Pelaksana Bimbingan dan Konseling, Universitas Padjadjaran, Skripsi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran

Shadish, W.R, Cook, T.D, & Cambell, D.T, (2002). Experential and Quasi Experimental Design. Belmont : Wadsworth Shaghnessy, J.J, Zechmeisher, Eugene.B, Zechmeisher, & Jeanne. S, (2007).

Metodologi Penelitian Psikologi, edisi bahasa Indonesia, cetakan pertama, Pustaka Pelajar Yogyakarta

Sutton & Stewart,(2009) Learning to Counsel, Bozboz Web Design Brighton Walter & Marks, (1981).Experential Learning and Change, John Wiley & Sons, Inc Canada




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v11i1.1394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.