Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dengan Loyalitas Merek Pada Pengguna Kartu Prabayar Simpati

Azizah Azizah, Ami Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas merek pada pengguna kartu prabayar Simpati dengan mengambil lokasi penelitian di Pekanbaru. Kepuasan konsumen diartikan sebagai sikap, penelitian dan respon emosional konsumen setelah proses pembelian yang berasal dari perbandingan kesan kinerja aktual suatu produk dengan harapan dan evaluasi pengalaman mengkonsumsi suatu produk atau jasa. Sementara loyalitas merek suatu sikap positif dan kelekatan konsumen berdasarkan perasaan menyenangi, akrab dan bangga menjadi pengguna merek dimana konsumen membeli merek secara konsisten sebagai bentuk komitmen. Hipotesis penelitian adalah ada hubungan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas merek menggunakan incidental sampling pengguna kartu pra-bayar Simpati. Instrumen penelitian skala kepuasan konsumen dan skala loyalitas merek menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas merek, dengan koefisien korelasi sebesar 0.665 dan R² sebesar 0.442, dan F sebesar 77.771, hal ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen memiliki pengaruh sebesar 44.2% terhadap loyalitas merek.

Keywords


kepuasan konsumen, loyalitas merek

References


Agnes, Kurniawan. 2007. Integrated Marketing Communication Simpati, Mentari dan XL Bebas untuk mem-bangun Brand Equity. [on-line] http://agneskurniawan.wordpress.com/2007 diakses tanggal 20 oktober 2011

Dinarty. 2009. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14517/1/09E01117.pdf).

Durianto, Sugiarto, dan L. J. Budiman. 2004. Brand Equity Trend: Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Fadjrianthi dan Farrah, Zatul. 2005. Strategi Perluasan Merek dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Psikologi. Vol. 7 No. 3

Giddens, Nancy dan Hofmann, Amanda. 2002.Brand Loyality http://www.extension.iastate.edu/agdm/wholefarm

Homepage Telkomsel. 2011. (on-line) www.telkomsel.com. Diakses 19 0ktober 2011

Indrayani, Emmi.2004. Loyalitas Merek Sebagai Dasar Strategi Penentuan Harga. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No. 3, Jilid 9

Iqbal, Mohammad. 2008. Pengaruh Persepsi Nilai, Harapan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Penyedia Jasa Internet Di Jabotabek. Jurnal Kepuasan, Fakultas Manajemen, Universitas Gunadarma.

Kotler, P dan Amstrong, G. 2004. Dasar – Dasar Pemasaran Jilid 2. PT Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2006. Marketing Management. 12th edition. New Jersey : Prentice Hall.

Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran (Edisi Kesebelas), PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kristianto, Paulus. 2011. Psikologi Pemasaran. Yogyakarta : CAPS

Kumar, S.Ramesh.2002. Brand Loyality Ss A Strategy ( www.hinduonet.com )

Kumoro, S, J. 2010. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Merek Terhadap Produk Indosat IM3. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Mahe (2007). Pengaruh Penempatan (Positioning) Produk Terhadap Citra Produk (Studi Pada Pengguna Kartu HP Simpati Di Kota Blitar) http://one.indoskripsi.com/managemen

Mittal, Banwari. 1998. Why do Customer Switch? The Dynamics of Satisfaction versus Loyalty. The Journal of Service Marketing. Volume 12 No.3, pp. 177-194.

Mowen, Jhon, C dan Minor, Michael. 2002. Prilaku Konsumen(Jilid II). Jakarta: Erlangga

Nawangsari, S, Budiman. 2008. Kepuasan Konsumen Dan Kesetian Terhadap Merek. Jurnal Psikologi. Vol 1, No. 2

Rahasian, S. S. 2006. Analisi Pengaruh Loyalitas Merek Dan Prilaku Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek. Tesis. Tidak Diterbitkan: Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro

Ribhan. 2007. Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Brand Switching Pada Pengguna Sim Card Di Fakultas Ekonomi Lampung. Jurnal Bisnis dan Managemen. Vol 3. No. 1

Sadi. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Tehadap Loyalitas Pelanggan Tahu Bakso Ibu Pudji, Unggaran Semarang. Tesis. Tidak Diterbitkan: Program Magister Agribisnis Universitas Diponegoro

Samuel, H, Foedjiawati. 2005. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetian Merek. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Vol. 7. No. 1

Schiffman, Leon G. & Kanuk, Leslie L. 2004. Consumer Behavior (eight edition). New Jersey: Prentice Hall.

Schiffman, Leon dan Kanuk Leslir, L. 2008. Prilaku Konsumen. Jakarta : PT. Indeks

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran InternasionalJilid II. Jakarta: Salemba Empat

Sunarto. 2006. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing. Tesis. Tidak Diterbitkan: Program studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro

Tjahyadi, R. A. 2006. Brand Trust Dalam Kontek Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Karakteristi Perusahaan dan Hubungan Pelanggan – Merek. Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia publishing

Wilkie, William L. 1994. Consumer Behavior. New York: Jhon Wiley & Sons,Inc.S




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v9i1.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.