Anak Muda Muslim di Pekanbaru: Konsumsi, Identitas dan Globalisasi

Imron Rosidi

Abstract


Sebuah narasi rinci tentang kajian lokal para anak muda Muslim di Pekanbaru akan diberikan dalam artikel ini. Fokus dari analisis adalah hubungan antara konsumsi anak muda Muslim dan identitas Islam dalam konteks globalisasi. Untuk memberikan penjelasan tentang hal ini sangat penting untuk menggunakan metode etnografi. Dalam makalah ini, pembahasan difokuskan di sekitar Pekanbaru dan anak muda Muslim. Hal ini menjelaskan latar belakang sosial dan budaya dari Pekanbaru, keadaan interaksi sosial anak muda di Pekanbaru, dan kontak mereka dengan media global serta nilai-nilai Islam. Tulisan ini berpendapat bahwa globalisasi harus diperiksa dalam konteks lokal di mana ketersediaan produk budaya global yang berbaur dengan dukungan kuat dari nilai-nilai lokal yang berasal dari ajaran Islam. Pekanbaru sebagai kota berkembang terjerat dengan globalisasi karena, seperti kota-kota lain di Indonesia, kota ini memberikan "imajinasi" atau "mimpi" bagi kaum muda Muslim. Di kota ini, mereka dapat berinteraksi dengan media global melalui internet dan televisi. Namun, kaum muda Muslim di Pekanbaru juga disediakan nilai-nilai Islam yang berdampingan dengan media global. Nilai-nilai Islam sangat penting untuk mendukung agensi mereka ketika mengkonsumsi produk budaya asing akibat dari globalisasi.

Keywords


Anak muda Muslim, Pekanbaru, Konsumsi, Identitas Islam, Globalisasi

Full Text:

PDF

References


Appadurai, A. (1998). Modernity at Large: Cultural Dimensions of Globalization. Minneapolis: University of Minnesota Press.

Faucher, C. (2005). Regional Autonomy, Malayness and Power Hierarchy in the Riau Archipelago. In Regionalism in Post-Suharto Indonesia, edited by Maribeth Erb, Priyambudi Sulistiyanto and Carole Faucher. London: Routledge.

Naim, M. (1984). Merantau: Pola Migrasi Suku Minangkabau. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

King, V.T. (2013). Culture and Identity: Some Borneo Comparisons. Institute of Asian Studies, Universiti Brunei Darussalam, Working Paper No. 1.

Rosidi, I. (2016). Being Active Consumers: Indonesian Muslim Youth Engaging with Korean TV Dramas. Institute of Asian Studies, Universiti Brunei Darussalam, Working Paper No. 23.

Rosidi, I. (2019). Nilai-Nilai Islam dalam Drama Korea Perspektif Anak Muda Muslim Pekanbaru. Jurnal Dakwah Risalah, 30(2), 215-226.

Rosidi, I. (2020). Consuming Representations of Korean TV Dramas among Indonesian Muslim Youth. Jurnal The Messenger 12(2), 111-121.

Sen, K. & Hill. D.T. (2000). Media, Budaya dan Politik di Indonesia. Jakarta: ISAI.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v10i2.11436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
 
 

Web Analytics

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.