Representasi Tentang Cinta Melalui Tokoh Richard Dalam Film “Love For Sale” (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Muhammad Farid Sangsyarifsyah, Amin Aminudin

Abstract


Film Love For Sale merupakan film dengan genre drama komedi. Film berdurasi 104 menit ini Diproduksi oleh Visinema Pictures, dengan arahan Andi Bachtiar Yusuf selaku director. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang cinta melalui tokoh Richard yang terkandung dalam film Love For Sale. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisan semiotika Charles Sanders Peirce. Paradigma dalam penelitian ini ialah paradigma kritis. Unit analisis dalam penelitian ini adalah film Love For Sale. Data primer dalam penelitian ini Sceen dalam film Love For Sale dan data sekunder penelitian ini didapatkan dari kajian pustaka ataupun jurnal yang membahas film Love For Sale. Hasil Penelitian ini, peneliti mendapatkan 5 scene yang mengandung unsur tentang cinta melalui teks/ dialog yang terdapat dalam film Love For Sale. Unsur tentang cinta yang ditampilkan dalam film Love For Sale melalui karakter Richard. Film ini mengajarkan tentang cinta karena cinta dapat mengubah karakter seseorang, seperti pada tokoh utama dalam film ini yaitu Gading Marten sebagai Richard Wijaya memiliki sifat yang sangat individualis terhadap dirinya sendiri dan tidak peduli terhadap orang lain, namun semua berubah disaat dia mengenal cinta Bersama arini.


Keywords


Representasi; tentang cinta; semiotika

References


Ardianto, Elvinaro, L. K. dan S. K. (2017). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Biografi Andibachtiar Yusuf. (n.d.). Retrieved October 2, 2019, from https://merahputih.com/post/read/andibachtiar-yusuf-dari-jurnalis-menjadi-sutradara

Bungin, B. (2006). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Cangara, H. (2002). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Halik, A. (2018). Paradigma Kritik Penelitian Komunikasi (Pendekatan Kritis-Emansipatoris dan Metode Etnografi Kritis). Jurnal Tabligh, 19(2).

Juliansyah, N. (2012). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Kredit Film Love For Sale. (n.d.). Retrieved October 1, 2019, from http://filmindonesia.or.id/movie/title/lf-l011-18-113210_love-for-sale/credit#.XZQr37vPyUk

Mcquail, D. (2011). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Nawiroh Vera. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Penghargaan Andibachtiar Yusuf dalam Piala Citra untuk Penulis Skenario Asli Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2018. (n.d.). Retrieved October 2, 2019, from http://filmindonesia.or.id/movie/title/lf-l011-18-113210_love-for-sale/award#.XZQhTbvPyUl

Penghargaan Film Love For Sale. (n.d.). Retrieved October 2, 2019, from http://filmindonesia.or.id/movie/title/lf-l011-18-113210_love-for-sale/award#.XZQhTbvPyUl,

Poster Film Love For Sale. (n.d.).

Pratista, H. (2008). Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Profil Della Dartyan (Pemeran Arini Kusumah),. (n.d.-a). Retrieved October 17, 2019, from https://www.instagram.com/p/Bf-IEZYhW-Q/?igshid=t3rwenq9m822

Profil Della Dartyan (Pemeran Arini Kusumah),. (n.d.-b). Retrieved October 17, 2019, from https://id.bookmyshow.com/person/della-dartyan/1075935

Profil Della Dartyan (Pemeran Arini Kusumah),. (n.d.-c). Retrieved October 17, 2019, from http://filmindonesia.or.id/movie/title/lf-l011-18-113210_love-for-sale/award#.Xag8hMnPyUk,

Profil Gading Marten (Pemeran Richard Wijaya),. (n.d.-a). Retrieved October 7, 2019, from https://www.tribunnewswiki.com/2019/08/21/gading-marten

Profil Gading Marten (Pemeran Richard Wijaya),. (n.d.-b). Retrieved October 17, 2019, from https://www.instagram.com/p/BrMd3auABq0/?igshid=16fc4au433hib,

Profil Penulis Andibachtiar Yusuf & M.Irfan Ramli. (n.d.-a). Retrieved October 17, 2019, from https://www.instagram.com/p/Bs0fDaCgB18/?igshid=1wkmgx0odvqhm,

Profil Penulis Andibachtiar Yusuf & M.Irfan Ramli. (n.d.-b). Retrieved October 17, 2019, from https://id.bookmyshow.com/person/m-irfan-ramli/1125

Profil Penulis Andibachtiar Yusuf & M.Irfan Ramli. (n.d.-c). Retrieved October 17, 2019, from https://crafters.getcraft.com/id/penulis-naskah-irfan-ramli/

Profil Produser Angga Dwi Sasongko. (n.d.). Retrieved October 3, 2019, from http://filmindonesia.or.id/movie/name/nmp4b86586bcc4a5_angga-dwimas-sasongko#.XZQuMLvPyUk,

Profil Sutradara Andibachtiar Yusuf. (n.d.). Retrieved October 7, 2019, from https://merahputih.com/post/read/andibachtiar-yusuf-dari-jurnalis-menjadi-sutradara,

Profil Verdi Solaiman (Pemeran Panji). (n.d.). Retrieved October 26, 2019, from http://filmindonesia.or.id/movie/name/nmp4b865552f2c28_verdi-solaiman#.XbOtqLXPyUk,

Purwoastuti. Th. Endang Dan Elisabeth Siwi Walyani. (2014). Metedologi Penelitian. Yogyakarta: Pusataka Baru Press.

Rachmat Kriyanto. (2006). Teknik Praktik: Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Rating Film Love For Sale. (n.d.). Retrieved October 1, 2019, from https://www.imdb.com/title/tt8065796/ratings?ref_=tt_ov_rt,

Salim, A. (2006). Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sinopsis Film Love For Sale. (n.d.-a). Retrieved October 1, 2019, from http://filmindonesia.or.id/movie/title/lf-l011-18-113210_love-for-sale#.XZM_GrvPyUk,

Sinopsis Film Love For Sale. (n.d.-b). Retrieved October 1, 2019, from http://filmindonesia.or.id/movie/title/lf-l011-18-113210_love-for-sale#.XZM_GrvPyUk

Sobur, A. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2007). Penelitian Kualiatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryawati, I. (2011). Jurnalistik Suatu Pengantar: Teori dan Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sutradara Andibachtiar Yusuf. (n.d.). Retrieved October 2, 2019, from https://www.imdb.com/name/nm3445219/?ref_=tt_ov_dr

Teori Tentang Cinta. (n.d.). Retrieved January 17, 2020, from http://psikologid.com/4-teori-tentang-cinta/,

Wibowo, I. S. W. (2011). Semiotika Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v2i1.9389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id