DIFUSI INOVASI DAN SISTEM ADOPSI PROGRAM SIASY (STUDI APLIKASI SIASY PADA PELAYANAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU)

Julis Suriani

Abstract


Difusi Inovasi merupakan bagian yang penting dalam komunikasi inovasi. Komunikasi inovasi ialah bagaimana cara memperkenalkan atau saluran komunikasi yang digunakan dalam menyampaikan ide, gagasan baru ataupun berbentuk benda baru yang dapat merubah suatu sistem sosial. Difusi inovasi dan sistem adopsi inovasi saling berhubungan dalam kajian komunikasi. Adapun tujuan penulis dalam melaksanakan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana implementasi difusi inovasi dan sistem adopsi inovasi program siasy pada Kakultas Dakwah dan Komunikasi. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sulthan Syarif Kasim Riau, dimana yang menjadi objek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FDK.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta fenomena yang diselidiki. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik survey dengan instrumen wawancara terarah berdasarkan dengan pertanyaan yang sudah tersusun dalam suatu daftar pertanyaan. Ditinjau dari kajian difusi atau penyebaran untuk program siasy ini sulah dilakukan sosialisasi kepada mahasiswa namun masih perlu dilakukan sosialisasi bertahap atau evaluasi pemanfaatan atau adopsi program siasy berbasis online ini. Karena penggunaannya masih dalam tahap percobaan dan masih banyak kekurangan dan perlu perbaikan. Terutama dalam hal database mahasiswa di program aplikasi siasy. Aplikasi ini ternyata terintegrasi dengan aplikasi iraise. Tentunya data base mahasiswa aplikasi iraise harus lengkap. Catatan penting untuk mahasiswa ialah harus segera mengupdate data diaplikasi iraise, sehingga pelayanan terbaik bias diberikan dengan adopsi atau pemanfaatan program aplikasi siasy ini.


Full Text:

PDF

References


Deddy Mulyana (2005). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: rosdakarya.

Nazir, M. 1988. Metode penelitian. Ghalia. Jakarta.

Rogers, Everett M (1983). Diffusi of Innovations, third edition. New York: The Free Press.

Sutikna, Nana. Istiyanto, S. Bekti. 2007.Menelusuri kemampuan dan minat melanjutkan pendidikan anak-anak usia sekolah pada masyarakat pedesaan Kabupaten Banyumas. Purwokerto

Cangara,Hafied(2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:Rajawali press.

https://pakarkomunikasi.com/teori-difusi-inovasi

Nasution,Zulkarimein. 1988. Komunikasi pembangunan:Pengenalan Teori dan Penerapannya. Jakarta: Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.