BRANDING “SIAK THE TRULY MALAY” OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN SIAK

Artis Artis

Abstract


Dinas Pariwisata KabupatenSiak mengusung sebuah brand daerah yaitu Siak The Truly Malay pada tanggal 11 Maret 2013 di Siak. Untuk menunjukkan dan mempertegas image bahwa Siak memiliki sebuah identitas di bidang Pariwisata yang  berbasis Budaya Melayu. Untuk itu kegiatan branding pun dilakukan oleh Dinas Pariwiwisata khususnya bagian Pemasaran dengan berbagai strategi untuk memperkenalkan brand tersebut kepada masyarakat. Selama ini branding yang sudah dijalankan oleh Dinas Pariwisata belum terbilang efektif, karena branding yang dijalankan baru sebatas melalui media massa dan sosial. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah Branding Siak The Truly Malay dilaksnakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Siak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui BrandingSiak The Truly Malay yang di jalankan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Siak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Branding dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan branding bertujuan untuk mengenalkan brand Siak The Truly Malay agar kahalayak sadar akan adanya brand tersebut dengan menggunakan pendekatan branding yang terdiridari 6 indikator yaitu 1) brand Awareness (menciptakan kesadaran): Nuansa Melayu yang ditandai dengan Istana Siak, masyarakat dan tokoh kepentingan berbusana Melayu, permainan rakyat dan kegiatan berbasis budaya Melayu 2) brand Association (ingatan mengenai merk)  yang sangat mudah untuk di ingat oleh khalayak yaitu simbol Istana Kerajaan. 3)brand Identity, (identitasmerk): Melayu yang sebenarnya. 4) brand Image (citra) : Siak sebagai jiwanya Melayu. 5) brand Personality (kepribadian merk): karakteristiknya yaitu busana Melayu, bahasa Melayu, pemakaian Tanjak Melayu. 6)brand Equity (kekuatan merk): lebih unik dari segi desainnya karena menampilkan tagline disertai dengan gambar atau simbol.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif.


Full Text:

PDF

References


Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak..Kajian Pengembangan Objek Pariwisata Unggulan di Kabupaten Siak. (Pekanbaru.PT.WastuAsrindo Riau, 2012).9

Dinas Pariwisata Kabupaten Siak. Data Jumlah Kujungan di Siak.Data Prariset Berbentuk PowerPoint. 11 januri 2017

Dinas Pariwisata Kabupaten Siak. Strategi Branding Siak The Truly Malay. Data Prariset Berbentuk PowerPoint. 11 januari 2017

Data riset. Keterangan BrandSiak The Truly Malay dalam bentuk PowerPoint. 11Juli 2017

Diah Dharmayanti. Pengaruh Brand Identity Terhadap Timbulnya BrandPreferencedan Repurchase Intention Pada Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2014)

http://mediacenter.riau.go.id/read/7659/bupati-promosikan-siak-the-truly-malay.html diakses pada tanggal 11 januari 2017 pukul 10:28 Wib

http://mediacenter.riau.go.id/read/7659/bupati-promosikan-siak-the-truly-malay.html diakses pada tanggal 11 Januari 2017 pukul 10:28 Wib

Rakhman Priyatmoko.Tingkat Kesadaran Pramuwisata Terhadap Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia: Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata. Jurnal Destinasi kepariwisataan Indonesia Vol.1.No.1.Juni.2016

Simamora, Hendri,.ManajemenPemasaran Internasional( Jakarta :PT Rineka Cipta. 2007)

Hari Mulyadi. Pengaruh Brand Personality TerhadapLoyalitas Pelanggan Sampo Sunsilk.Jurnal Strategic, Volume 7, Nomor 13, Februari 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v1i1.6285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id