Diferensiasi Produk Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran pada Lahan Pemakaman Firdaus Memorial Park

Entus Nuryana Ahmad

Abstract


Produk yang memiliki diferensiasi unik dan berbeda dapat dijadikan sebagai ciri khas dari suatu perusahaan. Diferensiasi produk merupakan bagian dari strategi komunikasi pemasaran. Keunggulan bersaing dimunculkan melalui berbagai penciptaan diferensiasi akan menjadi strategi terbaik untuk membentuk persepsi konsumen atas keunikan yang ditonjolkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diferensiasi produk sebagai strategi komunikasi pemasaran yang dibangun oleh Firdaus Memorial Park di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang mencoba memaparkan situasi atau peristiwa dan tidak mencoba untuk mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Firdaus Memorial Park dinilai konsisten dengan mengklaim posisinya sebagai pemakaman yang berbeda dari pemakaman komersial dari perspektif komunikasi pemasaran. Diferensiasi produk yang dibangun berdasarkan syariat islam rupanya memposisikan Firdaus Memorial Park sebagai pemakaman muslim pertama di Indonesia yang menggunakan konsep wakaf. Kemudian diperkuat dengan beberapa produk wakaf produktif yang dijalankan demi kemaslahatan umat muslim.


Keywords


Pemakaman; diferensiasi produk; komunikasi pemasaran; wakaf

Full Text:

PDF

References


Afiyati. (2019). Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi pada Pengaruh Strategi Diferensiasi dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis UMKM di Kabupaten Purbalingga.

Ardianto, E. (2010). Metode Penelitian untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: PT Simbiosa Rekatama.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dahlan, M. (2018). ANALISIS DAMPAK DIFERENSIASI PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE SEDAAP PADA PT. TEKAD KARYA PUTRACABANG LUMAJANG.

David, Fred st R. R. dan David, Fore2017. Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.

Fadilla, N. (2015). KEUNGGULAN BERSAING RITEL MODERN (Kasus Hypermart Mall SKA Pekanbaru). In Jom FISIP (Vol. 2, Issue 2).

Garadian, E. A. (2015). Polemik Makam Mewah: Firdaus Memorial Park Sebuah Terobosan dalam dunia Wakaf di abad-21. Al-Awqaf.

Hikmat, M. M. (2011). Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Graha Ilmu.

Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Kotler & Amstrong. (2014). Principle Of Marketing 15th Edition. Pearson Prentice Hall.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Perlusz, Gattiker, Pedersen. (2013). Talk To Your Internet Customers: What B2B And B2C Client Want To Know. Denmark: Department of Production., Aalborg Universiy.

Porter, M. (2012). Keunggulan Bersaing. Tim Penerjemah Binarupa Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Sujarweni, W. (2014). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Syauqi, A. (2018). DIFERENSIASI PRODUK SABYAN GAMBUS 2018. In Diferensiasi Produk Sabyan Gambus (Vol. 01, Issue 02). http://www.inteleksia.stidalhadid.ac.id/index.php/inteleksia/article/view/49

Wulandari, E., & Murniawaty, I. (2019). PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI DIFERENSIASI PRODUK DAN DIFERENSIASI CITRA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN IKM KOPI DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 69–77. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.69-77

Zahara, A. P., Danial, R. D. M., & Samsudin, A. (2020). Strategi Diferensiasi sebagai Upaya Mewujudkan Keunggulan Bersaing pada UKM Furniture. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 20. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v8i1.24410




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v3i1.13035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id