Pelaksanaan Program CSR Komposting Oleh Public Relations PT. Sinarmas Group Tapung Kabupaten Kampar

Ahmad Siddiq, Atjih Sukaesih

Abstract


Peneliltian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sampah yang dihasilkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya, apabila sampah tersebut tidak ditangani dengan serius akan menimbulkan berbagai masalah terutama penyakit yang berefek terhadap manusia itu sendiri. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah kompos. Kompos dapat dibuat untuk meminimalisasi efek negatif yang ditimbulkan sampah dengan membuatnya lebih bermanfaat secara ekologis maupun finansial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran public relations dalam program CSR Komposting PT. Sinarmas Group Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengaplikasikan triangulasi data,  observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran public relations sebagai CSR telah  dilaksanakan, baik itu pihak manajemen maupun public relations serta marketing mencari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat disekitar perusahaan. Kemudian permasalahan yang muncul ditampung oleh pihak manajemen untuk dirancang menjadi sebuah kegiatan. Public Relations memiliki peran untuk mengakomodir ide dari seluruh karyawan kemudian ide tersebut dijadikan sebuah kegiatan sosial. Kegiatan tersebut di maksudkan untuk memperkenalkan kepedulian perusahaan kepada publik. Sehingga tercipta program CSR Komposting PT. Sinarmas Group Tapung Kabupaten Kampar.


Keywords


CSR, Composting Program, Public Relations.

References


Almar, Multafia, Rima Rachmawati, dkk Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan,‖ 2012

Amanda Dellania, Peran Public Relation dalam Penyelenggaraan Program Corporate Social Responsibility di PT. XL Axiata.‖ Hasanuddin, 2017.

Amin Widjaja Tunggal,. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Harvindo, 2008.

Butterick, Keith. Pengantar Public Relations (Teori dan Praktik). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011.

Djaja. Hubungan Masyarakat. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Djam‘an Satori, dan Aan Komarih. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Alfabeta, 2011.

E. Kudrle, Albert, dan Melvin Sandler. Public Relations For Hospitality Manager (Communicating For Greater Profit). Montclair Book Center (Montclair, NJ, U.S.A.): JOHN WILEY & SONS INC.(trade), 1995.

Fariha, Nuskha, dan Durinda Puspasari, Peran Public Relations dalam Kegiatan CSR Untuk Meningkatkan Citra Rumah Sakit Fathma Medika Gresik.‖ Jurnal Administrasi Perkantoran 3, no. 3 2015

Hamid A,. Komunikasi dan Public Relations. Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Hayatullah Kurniadi, Corporate Social Responsibility (CSR) Industri Ekstraktif di Indonesia (Studi Kasus CSR PT. Chevron Pacific Indonesia pada Masyarakat Minas di Provinsi Riau).‖ Gadjah Mada, 2014.

Imam Gunawan. Metode Peneltian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Irianta Yosal. Community Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2004.

Ismail Solihin. Corporate Social Responsibility From Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Ismi Rahmayuni, Peran Public Relation dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR) di CSB Mall, Cirebon.‖ Jurnal Komuniti 10, no. 1 2018.

J.Lexy Moelong. Prosedur Penelitian. Bandung: PT Rineka Cipta, 2004.

Kriyatno, Rachmat, Public Relations Perpektif Barat & Lokal. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014. Kusumastuti, Frida. Dasar - Dasar Humas. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Lexy J Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Lorna, Chloe, Charlotte, Fiona, Ellie,. Pengantar Public Relations Teori dan Praktik. Yogyakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2014.

M.Si, Sri Wahyono, S. Si, Ir Firman L. Sahwan M.Si, dan Drs Feddy Suryanto, Membuat Pupuk Organik Granul dari Aneka Limbah, AgroMedia, 2011.

Muhammad Arief E. The Power of Good Coorporate Governance. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Nor Hadi. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Rakhmat Jalaluddin. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Rosady Ruslan, Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada 2003.

Rusmin Andi. P Andi Alimuddin Unde, dan Iqbal Sultan. Anilisis Peran Public Relations (PR) dalam Penanganan Opini dan Sikap Komunitas Sekitar Terhadap Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Energy Sengkang di Kabupaten Wajo.‖ Jurnal Komunikasi KAREBA 4, no. 4 (Oktober - Desember 2015).

Saputra, Wahidin, dan Rully Nasrullah. Public Relations 2.0. 1 ed. Bekasi: Gramata, 2011.

Tondowidjojo, John, Arah Dan Dasar “Public Relations.” Yayasan Sanggar Bina Tama, 1994




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v3i1.12515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id