Peran Marketing Public Relations (MPR) dalam Membangun Brand Image Warunk Upnormal di Bandung

Rosy Febriani Daud, Khairunnisa Khairunnisa

Abstract


Marketing public relations Warunk Upnormal memiliki peran yang bertujuan untuk membangun brand image. Brand image dalam perusahaan kuliner adalah hal penting. Peran marketing public relation pun menjadi penting sebagai ujung tombak dalam mempertahankan konsumen agar loyal di tengah kompetisi yang semakin tinggi. Alasan penulis memilih tema ini karena Warunk Upnormal sangat jauh berbeda dengan warung mie Indomie lainnya, Warunk Upnormal dengan ciri khas menu makanan anak muda, yakni  menggunakan pendekatan “Indomie” sangat tepat untuk mendekati pasar anak muda terutama pelajar dan mahasiswa. Warunk Upnormal berbeda dengan kafe modern, Warunk Upnormal memposisikan sebagai kafe yang sama dengan warung-warung Indomie lainnya namun dengan nuansa yang berbeda. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian ialah marketing public relations dengan melakukan promosi melalui media sosial yaitu instagram dengan opinion leader, melakukan tekhnik word of mouth, melakukan event sebagai alat promo dan memberikan permainan-permainan tradisional di setiap outlet Warunk Upnormal.


Keywords


Peran; marketing public relations; brand image

Full Text:

PDF

References


Cutlip, S., Center, S., & Broom, G. (2011). Effective Public Relations. Jakarta: Prenada Media.

Dewi, Ike Janita. (2010). Creating And Sustaining Brand Equity: Aspek Manjerial Dan Akademis Dari Branding. Yogyakarta: Amara Books

Jefkins, F. (2014). Public Relations. Jakarta: Erlangga

Handayani, D. (2010). The Official MIM Academy Coursebook Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nawawi, H. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Putri, A. O. (2010) Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Membangun Brand Image Produk Kimbo: Studi Pada PT. Pangan Mitra Sejahtera. Skripsi IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Ruslan, R. (2010). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setyoutami, L., Setyanto, Y., & Winduwati, S. (2016). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE ECO-TOURISM PULAU LOMBOK. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.33256.26883.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v2i2.11331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id