Sistem Antrian dan Penjadwalan Mekanik di Bengkel Sepeda Motor
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada sebuah sebuah bengkel resmi dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Perusahaan Memiliki fasilitas yang lengkap sehingga bengkel ini dijadikan pusat bagi pengguna untuk melakukan servis motor. permasalahan pada penelitian ini adalah waktu tunggu motor pada hari Sabtu dengan kedatangan pelanggan paling banyak. Tidak hanya itu, masalah lain yang dihadapi oleh perusahaan adalah pada hari Senin sampai Kamis adalah jumlah kedatangan motor yang diservis tidak banyak sehingga menimbulkan kelebihan mekanik pada hari Senin sampai Kamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi waktu tunggu motor diservis dengan menggunakan software ARENA dan merancang penjadwalan mekanik yang efektif dilihat dari segi biaya dengan menggunakan pendekatan aggregate planning.
Kata Kunci: Antrian, waktu tunggu, simulasi, penjadwalan
Full Text:
PDFReferences
Hasan, I. (2011). Model Optimasi Pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrian (Queuing System). Jurnal Keuangan dan Perbankan, 151-158.
Kelton, D., Sadowski, R. P., & Sturrock, D. T. (n.d.). Simulation With Arena. New York.
Sentia, P. D., Ilyas, & Haikal, R. (2016). Pendekatan Simulasi untuk Analisis Antrian Pada Bengkel Servis PT.X. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 105-113.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v6i2.9939
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 HARYADI SARJONO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Industri
P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235
Published by:
Industrial Engineering Department
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Office Address:
H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
email: jti.fst@uin-suska.ac.id
Indexed by:
JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.