Analisis SOAR pada Strategi Pemasaran di Industri Jasa Finance

Adelia Alfama Zamista, Hanafi Hanafi

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada industri jasa finance yang mengalami penurunan penjualan pada tahun 2018. Sehingga, studi ini perlu mengkaji menerapkan analisis SOAR pada strategi pemasaran pada studi kasus ini. Metode analisis yang digunakanpada penelitian ini  adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa informasi tentang strategi pemasaran dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan ini memiliki banyak potensi positif yang menjadi kekuatan dan  peluang usaha dari internal dan eksternal.  Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan dan acuan bagi perusahaan dalam menetapkan strategi penjulalan pada periode penjualan berikutnya.


Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. 2011. “Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi”, Jakarta: Cetakan 11. Penerbit PT Rajagrafindo Persada.

Badan Pusat Statistik. 2019. Perkembangan Jumlah Kendaran Bermotor Menurut Jenis 1949-2018. https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133

Chiu, C. 2019. Analisis Strategi SOAR PT XYZ dalam Meningkatkan Penjualan Bahan Baku Kimia untuk Industri Tekstil, Kayu, Pakaian dan Deterjen. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Vol 2

Departemen Komunikasi BI. 2020. . Laporan Tahunan Kinerja Ekonomi. https://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/Laporan-Akuntabilitas-Awal-Tahun-2020-Bank-Indonesia.aspx

Dewi, R.S. 2019. Denda Pajak Kendaraan di Riau Diputihakn, Ini Jadwalnya. GoRiau.com https://www.goriau.com/berita/baca/denda-pajak-kendaraan-di-riau-diputihkan-ini-jadwalnya.html

Flick. U. 2015. Introducing ResearchMethodology: a Beginners Guide to Doing a Research. Los Angeles: Sage

Kotler, P.G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Pasaribu. H.F. 2018. “Penerapan Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran pada PT Arma Anugerah Abadi Medan. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Diakses pada: 21-Desember-2019 http://repository.uinsu.ac.id/5198/1/SKRIPSI%20HIDAYATI%20FAUZIAH%20P_EKI.pdf

Srinadi, N.L.P. 2016. Analisis SWOT sebagai dasar Menentukan Strategi Pemasaran Kompetitif (Studi Kasus: Usaha Jasa Dekorasi X). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016)

Stavros, J. M. & Saint, D. 2010. SOAR: Linking Strategy and OD to Suistainable Performance. Practicing Organizatiton Development: A Guide for Leading Change

Stavros, J.M & Hinrichs, G. 2009. The Thin Bookof Soar: Building Strenght-based Strategy. Unspecified

Sunyoto, Danang. 2012. “Dasar-dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus”, Yogyakarta: Cetakan 1. Penerbit PT Buku Seru.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v6i1.9335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adelia Alfama Zamista, Hanafi Hanafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

     

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.