Perancangan Strategi Pemasaran Berdasarkan Tipe Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Asuransi Jiwa di Kota Pekanbaru (Studi Kasus: Perkantoran Sudirman Raya Pekanbaru Kota)

Wresni Anggraini ST., MM

Abstract


Perilaku konsumen merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam upaya meningkatkan market share,  karena konsumen merupakan komponen lingkungan yang mampu mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan. Informasi ini tentunya sangat penting untuk menerapkan strategi pemasaran. Objek penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan asuransi jiwa yang ada di kota Pekanbaru. Data diperoleh dengan menyebarkan kuisioner ke Perkantoran Sudirman Raya Pekanbaru. Dengan diketahuinya tipe-tipe perilaku konsumen yaitu perilaku konsumen mengurangi keraguan, dimana tingkat keterlibatan konsumen dalam memilih produk tinggi sedangkan perbedaan merek tidak signifikan maka dapat disusun strategi pemasaran untuk perusahaan asuransi jiwa di Kota Pekanbaru. Dari hasil penelitian dapat diketahui 2 jenis perusahaan asuransi jiwa, yaitu perusahaan yang tergolong market leader seperti AJB Bumiputera dan perusahaan yang tergolong follower seperti: Prudential, Jiwasraya, Allianz, AXA, dll. Strategi pemasaran untuk perusahaan market leader yaitu: Bancassurance, Diffrensiasi, Focus, dan Unit bisnis. Sedangkan strategi pemasaran untuk perusahaan follower yaitu: Bancassurance, Diffrensiasi dan Unit link.

 

Kata Kunci: Asuransi, Konsumen, Kuesioner, Strategi.


Full Text:

PDF

References


Kuncoro. Mudrajad, 2003, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta, PT. Erlangga.

Istijanto, 2009, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya. Hermawan, 2005, MarkPlus on Strategy, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono. Fandy, dkk, 2008, Pemasaran Strategik, Yogyakarta, PT. Andi.

Hasan. Ali, 2008, Marketing, Yogyakarta, PT. Media Pressindo.

Mulyani Sri, 2007, Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Tabungan Perbankan Syariah, www. Eprints.ums.ac.id.

Kottler. Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT. Prenhallindo.

Peter. Paul J, 1999. Consumer Behavior (Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran). Jakarta, Erlangga.

Simomora. Bilson, 2003, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Simomora. Bilson, 2003, Membongkar Kotak Hitam Konsumen, Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Suliyanto. 2005, Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran, Bogor. PT. Ghalia Indonesia.

Setiadi. Nugroho, 2003, Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta. PT. Kencana Perdana Media Group.

Marzorilla, 2007, Analisis Tipe dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Perbankan, Skripsi Sarjana Sains, UIN SUSKA, Pekanbaru.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v1i1.9166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wresni Anggraini ST., MM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.